Rabu, 30 Oktober 2013

The good side

Dapet placement di desa macem gini, awalnya emang seru, lakuin hal macem2 yang belum pernah sebelumnya. Tapi seiring perjalanan, kurangnya kesibukan emang bikin bete. Seperti yang gua pernah sebut di posting gua sebelumnya.

Paradox kedua gua mulai dateng, ketika Podzimní Prázdniny alias Autumn Break dateng - awalnya biasa2 aja sih, toh hari Minggu Dan Seninnya gua jalan2. Its a good break dari rutinitas sekolah yang lo 80% gak ngerti apa yang lagi diajarin hehe.

Tapi setelah Senin berakhir Dan Selasa dateng.... Rupanya lagi2 that Jakarta people instinct yang pengen selalu ngelakuin sesuatu bikin gua agak sumpek juga men.

Baru saat itu gua ngerti kenapa temen2 gua yg di Praha ada yg bilang "If we are not meeting more times this holiday, Im gonna die because of bored."

Kalo di Jakarta gua punya banyak hal yang Perlu dipikirin Dan di jadiin sesuatu kalo lagi puncak2nya nganggur - sekedar jalan ke entah kemana pasti ketemu someone, Ada ajakan nobar yuk mari disambangin, or at least cari di Internet denger2 Ada warung or restoran murah enak ayo dijajal bareng si Mas.

Kalo di post gua 2 minggu yang lalu itu gua merasa nganggur karena belum punya kerjaan, ini emang gak Ada kerjaan; libur bro! Dan ini bukan libur sekolah panjang - every one continues on their routinity.

Mana matahari gak bersinar, malah awan and angin yang dingin.... Gak bisa lari Buat sekedar buang waktu dengan cara yang sehat haha.

Tapi ternyata, this turn out to be just another way of how God over there, meyakinkan gua kalo emang tempat ini, keluarga ini - really is where I should belong selama setahun ini.

Ketika gua kira gua udah ngelakuin banyak hal baru, yang kalo lo denger looks like a very much farming life - metik apel, manen rumput Buat makan hewan, manen jagung, cari jamur, cari kayu, ternyata masih banyak hal yang gua belum lakuin.

Doing new things are cool, always, lebih lagi kalau bareng sama ahlinya.

Kemarin lah gua melihat how keluarga di tempat ini, Dan kurang lebih di desa2 Gede Bangsa Tremosna juga, still do 90% of their things on their own, bukan cuman sekedar urusan rumah atau makan, tapi juga some things fór the house kayak bikin rak Buat storage makanan kalo winter - kalo di Jakarta di rumah Ada mas Eko our handy man ketika si Mas lagi pengen bikin sesuatu baru kayak box kayu simple yang bisa jadi meja, atau kursi kayu panjang Buat selonjoran, disini, our handy man, adalah si Táta alias bokap sendiri.

Gua udah tau kalo di rumah gua Ada basement yang Ada 3 ruangan - tempat simpen kayu, tempat Gede nyimpen pohon and buah Dan segala macem hasil dari kebun kalo lagi Ada Mrznout alias serangan udara beku, Dan satu lagi, some kind of workshop, gudang tempat bikin macem2 - kalo sering nonton film amerika pasti liat lah rata2 bule punya tempat di basement ato biasanya juga deket garasi rumah, tempat alat2 motong kayu Dan segala macemnya disimpen, Buat kalo lagi mau bikin sesuatu gitu.

Tapi tempat yang ke 3 itu jujur gua belum pernah melakukan apa2 disitu.

And yesterday we went doing things there - bikin rak Buat storage makanan winter.
Ternyata kalo lo punya alat2nya dan bisa ngukur dengan bener, pekerjaan macem itu gampang; pake tukang jadi gak jaman sama sekali.

And alat2nya juga cuman simple doang kok! Only With páku palu gergaji penggaris dan amplas kayu, yang agak mahal Paling cuman beli balok kayu yang mau di potong2 saja... Because emang butuh alat yang bagus Buat bikin balok kayu yang bisa dibikin barang, bukan cuman buat dibakar...

Kalo ngukur, emang si Táta punya gelar Engineering di tangan sih, jadinya doi emang udah tau, kalo motong pasnya dimana, bagian tembok yang mau di bolongin Mana yang pas biar gak Kena kabel listrik - well, he designed this house! Kayak attacking midfielder yang udah punya instinct harus kemana kalo di sayap kanan Ada yang siap ngasih "segitiga" alias through pass, atau pemain2 bultang yang jumping smash udah gak Perlu tenaga gede, doi tinggal suruh gua ngukur ini-itu, langsung tau Mana yang pas Buat di paluin dst, dst, dst....

Gua kepikir, bener juga, kalo temen2 gua yang di Praha atau Brno gitu, Mana mungkin keluarga mereka masih bisa ngelakuin hal macem begini...

Emang hal ini mungkin udah gampang n biasa Buat orang disini, but hey, fór someone who experience new things, hampir semuanya selalu keren. Awalnya mungkin gak terlalu excited, tapi begitu lagi ngerjain, ya, that curiousity inside the mind, yang bilang "masa begini aja lo gak bisa, Kan? Ayo lah..." Selalu bikin gua pengen ngelanjutin sampe akhir, Dan baru abis itu, segala capeknya kerasa....

Like when yesterday juga, kita motong kayu; well, gua udah sering motong kayu sih, tapi kali ini běda, kali ini bener2 kayu gelondongan yang gede2.

Dan the first time gua megang kapak yang Gede Dan berat yang biasanya cuman di pake si Táta, gua agak serem juga, gimana kalo gua kebablasan motong kayu ato malah lebih parah....
Gak Keňa kayu sama sekali, Dan kapaknya kelempar ke....

Barang penentu masa depan gua?

Anjooor. Pret. Cuk. Serem!

But after the first strike, the fear is overwhelmed by the enthusiasm - ya, like I said.... New things, břings something different to the whole brain, ya, Dan dengan cara yang sama, ribuan orang belajar hal2 baru yang turns out ujung2nya malah jadi hobi mereka or Even karir mereka; tapi di sisi yang lain, ribuan orang nyoba hal2 "baru" yang justru bikin mereka kecanduan, Dan bikin hidup mereka Gagal.

Ah, psikologi, kalo pendidikan jadi psikolog gak bertahun2 kyk dokter pasti gua udah mau ngejar itu! Haha.

Anyway now I feel better, and ya, memang gua jadi sadar, kalau semua dilihat dari sudut pandang yang berbeda, yang dicela bisa jadi disyukurin, yang harusnya disyukurin bisa jadi malah dicela.

Thats why, live the moment you live in.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar