Senin, 28 Oktober 2013

Gasing

Dah lama ya gak nulis....
Haha appologize me! Rabu kmarin sibuk banget mesti nari di Kladno, terus nginep di Praha, capeeeeek banget. It was exhausting.

Tapi berhubung Minggu ini libur panjang karena si Ceskoslovenskych Samostatnehov Dne (kemerdekaan Cekoslovakia) + Podzimni Prazdniny alias libur musim gugur, yuk mari tancep Gigi 5 lagi buat nulis.

Analogi gua kali ini adalah gangsing or gasing.
Mainan kayu ini udah dibikin berbagai macem versi modernnya, one of them, gua masih ingat banget jaman gua kelas 2-3 SD; Beyblade.

Gua inget2 tentang gimana si Mas nyeritain gaya fisika yang terjadi, although gua gak sadar pada jaman itu bahwa yang namanya "sentrifugal" itu bagian dari gaya fisika, masih kemudaan, haha.

Gimana, tergantung dari kecepatannya dan kekuatannya si mainan ini disambetin ke tanah (gak tau itu bahasanya bener ato gak ya), mahluk dari kayu ini bisa bergerak makin cepet, makin balance, makin lama muternya sebelum jatoh, dan itu juga berarti, paling bisa bertahan dari serangan gasing-gasing lain.

Thats possible karena si gasing bisa "berdiri" dengan keseimbangannya.

Kembali menuju tahun 2013 di Tremosna yang mungil di utara Plzen ini.

Beberapa hari yang lalu gua dapet nasehat lewat Line (thats an instant messaging app, kalau misalnya belum tau) dari seseorang yang sangat dekat dengan gua, seseorang yang kalo orang bilang, harus lo taatin biar masuk surga.

"Kontak sama orang2 Indonesia lain di Praha dibatasin ya."
"Nanti di rumah pada ngira kamu gak mau bergaul sama orang Ceko."

As usual, gua bukan orang yang bakal say "Yes Sir!" Di putaran pertama pembicaraan.
"Why? Mereka ngirim email ke Jakarta?"

"Gak sih, cuman sensi nya aku aja."
"Jaga perasaan aja yang penting."

Hm, kata2 itu bikin gua mikir lagi sih. But I dont know, gua merasa masih punya alasan yang pingin gua lontarin tapi entah itu apa. I still disagree.

"Kondisi kamu sekarang orang yang mau belajar budaya Ceko."
"Beda kalau nanti misalnya kuliah, kamu orang Indonesia yang merantau."

Dan di situ lah, alasan gua tercetus....
Tapi sengaja gua gak bales dengan alasan itu, I just Said "Hm.... OK". Lebih baik membuktikan saja seiring jalannya waktu dengan metode yang ada di kepala gua.

Emang bener misi gua, kalo emang misalnya "misi" ini mesti didefinisikan, ya belajar budaya Ceko, nyatu sama all the family life and school life and so and so and so.
But so far semuanya berjalan lancar kok selain soal bahasanya (yang itu jangan di tanya).
Memang di awal2 jujur gua masih belum bisa meninggalkan ke-Jakarta-an gua dalam hal terpaku sama gadget buat contact via any messaging services possible. Tapi sekarang udah beda....

Masih tetep jadi salah satu orang di grup Line yang paling sering ngoceh sih, tapi gua udah mikirin jam2annya - kalau lagi bareng makan gitu, anti banget nyentuh iPad, haram. Tapi nanti di kamar sebelum tidur atau Abis bangun (berhubung tiap hari gua pasti bangun paling pagi sendiri) bolehlah mainan dan menyapa temen2 gitu.

Ya, I Never really change my whole scenario, I just Add in new things and make space for old things. Hal yang sangat Indonesia banget apalagi kalo soal transportasi umum.
Dimana kalo di Metro Mini atau Kopaja atau semacemnya, kalo masih belum full, orang2 berdiri disuruh duduk biar keliatannya si Metro itu gak penuh, dan yang berdiri kalo semua udah full kursinya digencetin ke tengah biar makin banyak orang yang bisa masuk, kejar setoran Cuy, kalo kata si Mas Knek.

And not even di Metro mini, Busway aja juga masih begitu, Kecuali di koridor 1 yang emang bagus banget sih kerjanya para "kondektur" (ini juga gua gak tau kata yang bener apa) yang jagain di pintunya.

Sementara disini, ya gak usah maksain kalo emang udah full, tunggu bus atawa Tram berikutnya saja!
Dan even di kereta jarak jauh bangsa Plzen ke Praha, kalo di satu kompartemen, walaupun orangnya cuman ber3 didalem (satu kompartemen isinya harusnya bisa 6 orang), tapi mereka semua lagi pada tidur, ya jangan diganggu! Dudukin tas di lorong kereta juga boleh kok! Asal di ujung gerbong yang gak ngalangin jalan.

Sekedar intermezzo, balik ke soalan awal.

Other than that, yang lebih penting dari sekedar "fokus belajar budaya Ceko", for me personally, is to create friendships that may serve as a connection in years to come; gua selalu inget petuahnya si Mas - temen itu kayak investasi jangka panjang... Mungkin yang kerasa sekarang kalau punya banyak temen ya cuman bisa haha hehe sama macem2 jenis orang, tapi later in your life, lo bakal bisa dapet lebih banyak bantuan, which Will matter especially di hal2 yang penting, dan hal2 yang seru juga.. Dengan temen gua nge hemat budget pernikahan gua, dengan temen gua tau tempat2 seru buat jalan2, everything....

Dan buat manusia Jakarta yang kalau dikatakan dari kaca mata orang Ceko, sangat sosial. I find it no big problem to balance such things here, jujur, di Jakarta kadang2 or mungkin seringkali gua maksain untuk bisa ikut macem2 hal sama berbagai kawanan temen yang beda2, sampe akhirnya kewalahan.

Untung belum pernah sakit parah gara2 schedule gila gitu sih, karena gua masih sadar diri apalagi kalo soal badan, kalau abis hang out malem Minggu sampe malem banget terus besok paginya begitu bangun kerasa agak gak enak, ya terpaksa gak usah CFD atau semacemnya....

Kalo badan lo sakit, lo malah lebih lama nunggu di kamar sampe sehat lagi, malah Lose time you can spend with your friends and such.

Disini, karena jadwalnya gak ekstensif juga sih, its even more easier to keep everything on balance.

Jadi,
Kalau misalnya selama satu tahun ini gua gak cuman dekat sama keluarga or temen sekolah gua,

Tapi juga sama manusia2 Couchsurfing di Kota gua, yang asalnya dari berbagai belahan dunia, yang selalu curious denger cerita soal belahan2 dunia yang lain dan excited untuk nyoba or dateng ke hal2 yang baru.

Juga sama anak2 AFS lainnya juga, tentunya, u need not say They are irreplacable.

Sama orang2 Liga Badminton yang, jujur, althoughh umurnya udah jauh lebih tua (yang paling muda 29 tahun bro), tapi selalu excited buat main 3 game even though gua sering kali udah capek duluan.

Sama si mbak2 dan mas2 di restoran Vietnam yang saling bikin gua ketawa dan mereka sendiri juga ketawa - gua ngajarin bahasa Indonesia dan mereka ngajarin bahasa Vietnam; untuk you listen, mereka coba ngomong "aku gak ngerti!" Nanti pasti ngerti kenapa gua selalu ketawa. Dan selalu ngasih sumpit n sambel gratis :D

Sama si orang India yang akhirnya memilih Settle di Plzen setelah sebelumnya belajar di Singapura dan kerjanya antara Singapura dan Jakarta, yang akhirnya buka bar shisha dan restoran India, yang although dia ngaku sekarang bisnisnya lagi kurang lancar setorannya, tapi dia selalu optimis dan come up with an idea dengan koneksinya yang banyak banget - be it an african night, workshop perkusi, workshop tango-salsa, atau apapun itu, hampir setiap Minggu selalu ada acara menarik di GuruVillage.

Or even sama si mas2 di kereta yang tiap hari nge scan kartu kereta gua, dan our conversations cuman terbatas 2-3 kalimat tiap kali ketemu.

Atau si DJ Amerika di Praha yang ketemu gua baru sekali unaccidentally di Metro Praha, tuker cerita soal musik2 dari seluruh dunia, dari gamelan yang gua selalu seneng, sampe perkusi afro dari tempat tanah leluhrnya.

And juga, manusia2 Indonesia lainnya di Ceko, yang should I say, 70%nya ada di Praha, sisanya di Brno dan sekitarnya Kecuali si bocah sesat ini yang nyasar ke Zapadocechy (western Bohemian sendirian), but still Share the same Indonesian attitude, lebih lagi kalo lagi ketemu dan jalan bareng. Even though beberapa dari mereka udah netep di Ceko for more than... 15 years.

Kalo semua bisa jadi temen lo, diatur, gak maksain jadwal, dan tetep contact sama temen2 sekolah n keluarga di rumah (yang disini maupun di Jakarta!)

Why bother?
Kenapa harus jadi masalah?

Ya, seringkali gua debat dengan dua manusia yang nungguin kedatangan gua balik ke Jakarta itu, seringkali gua kalah dan gua sadar mereka bener, bahwa emang pemikiran gua belum mateng and masih sering gegabah, typically Teenager, puber banget.

But this time, I believe my thoughts should not go astray from its original road that I set by myself.

Gua yakin opini gua dalam hal satu ini, bakal tetep efektif buat sisa 8 bulan disini.


Dan tetap, seperti sang gasing yang tahan banting dan menjaga keseimbangannya, tetap menjejak tanah....


Yap, whatever I say and act, I Will always remember you all :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar