Jumat, 24 Januari 2014

Naučte se Cesky!

LBelajar bahasa Ceko yuk!
Haha gua bukan guru yang perfect sih, gua nulis ini cuman
Buat bikin orang jelas aja kalo baca 
kalimat2 or istilah2 Ceko yang gua pake di posting2 gua.

Sampe inget Ada di Path temen gua yang comment
"Kok bawa2 nama gua segala Cun" 
Ya, tulisannya sih Persis sama nama doi, tapi cara bacanya enggak

Soalny di Ceko J dibaca Y lo Jak wakaka.

So here is a quick brief intro to Czech alphabet.
Interesting thing, pengetahuan soal bahasa Arab, Prancis...
and Even JAWA helps!
(They say bukan kayak gitu ngomongnya, tapi at least mereka ngerti)




Huruf2 lain normal bacanya kayak kita kok.
Anehnya kalo Buat ngeja kata, misalnya "Stůl" (meja) mereka ngomong per huruf nya, selain huruf hidup, pasti pake E Sunda,
Kalo kita ngeja Stůl, pasti gini
Es - Te - U - El
Kalo mereka...
Se - Te - U - Le
Dan khusus Buat ngeja kayak gini E nya mereka
Se kayak di "SEkali"
Te kayak di "TErserah"
Le kayak di "LEmas"

Thats it fór this time! Fyi bro, Ceko ga kayak bahasa Eropa Barat alias Jerman/Prancis/Inggris yang tulisan Dan omongan bisa beda2 tergantung kata2nya, Ceko kalau ditulis kayak gimana diomongin juga ya kayak gitu, in this respect Ceko somehow mirip sama Indonesia... Yang bikin gua agak sedikit lebih gampang pelajarinnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar