Senin, 13 Januari 2014

Run Forrest Run!

*photo not mine* from google*

Lari. Running. běhaní.
Olahraga yang simple, efisien Buat ngabisin waktu, Dan murah
(unless lo ikut2an anak2 yang sok2 ngetren beli2 sepatu Nike baru 
demi pasang Nike+ Running di iPod or iPhone lo 
terus mejeng pamer di Path gitu haha)
Dan ya, dari kalimat tadi lo bisa indicate juga, gua kayaknya mau nyorot betapa kayaknya di Jakarta dkk (alias kota2 Gede lain di Indonesia) somehow kok sekarang mulai ngetren lari gitu, dari tadinya nggowes fixie akhirnya beralih ke running. Gua sampe inget Ada Retweet dari temen SMP gua (si Kacruuuuddddh!) yang Nongol di timeline gua Dan bikin gua ngakak.
Kalo gak salah bunyinya gini, kalo gak salah.... Tapi intinya tetep sama kok.

"Dulu keren anak mobil, terus anak sepedahan ngetren, sekarang anak lari, nanti... Ngetren duduk?"
"Berapa diantara lo yang udah jual fixie Buat beli sepatu Nike terbaru?"

Wew, such nice sarcasm.

Tapi gua lagi gak di Indo men, gua mau ngomong apa. Gua cuman bisa liat lewat Path Instag dkk, yg pasti lari lagi ngetren, buktinya sampe yang biasanya Buat SkyBat "promoting event" nya itu Sepedahan taun ini jadi Adanya jadi SkyRun,ada lomba lari bre, Dan yeah, my orange-slayer family ikut juga :D

Better gua cerita gimana orang2 disini, Lari.
Konon katanya kalau di Eropa n Amerika, running is somehow, udah bisa dibilang part of culture. Ya gua juga denger dari temen2 seperjuangan gua yang di US, pada ikut klub Track n Field kek, Cross Country kek (itu jenis2 lomba lari) 

Ermm... Jak je to v ČR? Gimana dengan Ceko? 

Kalau kata si abang Honza...
"20 years ago its still not usual - only athletes do it..."
Dia umurnya 32 (or 33?) gua lupa. Yang pasti 20 taun yang lalu itu berarti taun 90an awal, moments just after that Iron Curtain fell down...
"10 years ago it starts, a Tedka, to je normální." Jaman sekarang, udah normal.
Doi juga pelari juga, ya jarak2 5K 10K level Zapadni Čech (Bohemia Barat) doi Jabanin lah, sempet juga doi ikut Triatlon, although dia bilang ga bakal mau ikut maraton - kejauhan.
Dan doi ngaku doi mulai lari ini pas dia exchange ke Amerika.

I must say apa yang dia bilang bener, although appeal Dan interest orang Ceko ke lari.... Ga bisa dibandingin sama di Amerika kalau liat2 dari cerita temen or dari sumber lain - Olahraga yang bener2 di hati setiap orang Ceko dan juga emang pada seneng main ya Bola sama Hoki Es (yang mereka bangga2in banget dulu Juara Dunia pas masih Cekoslovakia - sekarang ya level langganan Prempat Final-Semifinal Piala Dunia, although not biggest favorrites sih) Dan saking fanatisnya sih, Even keluarga gua pun ditengah desa masih punya stik hoki Dan Bruslích alias ice skate.

Tapi Maraton Praha?
They are proud of it apalagi orang2 Praha, Dan ya, gua belum pernah liat sih, tapi kalo dibilang "Nejkrásnější maraton v Evropě" alias "Maraton Paling cantik di Eropa (rutenya maksudnya)" gua mungkin setuju.
Ya, sekarang, Praha itu kota Paling cantik yang pernah gua datengin, maybe nanti kegeser kalau gua bisa jalan2 ke Prancis or Italia or tempat cantik lain di Eropa, but until now, Praha is still numero uno, je to jen jedina, the only one.

Gua akuin emang, antusiasme pelari dan yang ngedukung disini emang keren, bahkan di lomba 3x1,5K di Plzeň yang gua ikutin Sebelum Natal, well, orang2nya akrab layaknya orang2 yang bener ngebentuk šatů komunitas, keluarga pada ikut dateng n anak2 jg g mau kalah ikutan semacam fun run gitulah, tapi ga tanggung2, yang keliatannya cuman lomba lari komunitas di Plzeň ternyata pesertanya Ada yang sampe dari Železná Ruda (resort Ski di perbatasan Ceko-Jerman, +- 1 jam dari Plzeň), Domažlice (juga deket Jerman) Dan Klatovy.
And at the end of the race, sebagai lomba terakhir tahun itu di Taman itu (bukan sekedar Taman kalo standar Jakarta - soalnya Gede bro) mereka bagi2 hadiah even Buat yang non 3 besar.... Semuanya, segala macem, ya emang sih keliatan, mostly barang2 itu bekas dari stock lari2 sebelumnya; kaos lomba, headband, segala macem lah... But its ok, everyone get their share!
Gua awalnya ngambil Vanocka (roti natalan, enak banget!) tapi gua di ingetin sama si Abang
"Máme doma hodně, Mami uvarila sedm! Dej si pivo a ještě něco." Di rumah Ada banyak, Mami bikin 7! Ambil yang lain lah. Hehe, maafkan adekmu yang selalu laper ini hihi.

Gua kebanting banget di lomba itu (kapan2 gua post soal lombanya sendiri yg detail yap!) but now Im getting better n better Alhamdulillah.... 8K @ 45 Menit udah Alhamdulillah kemarin sabtu, Dan itu bukan trek Jalanan aspal mulus, trek pinggir hutan itu.

Tapi yang bikin gua lebih seneng...
Lari disini bener2 gampang Dan somehow "facilitated" deh. Ya kalo cuman lari doang sih gampang, lo juga di Jakarta tinggal pilih aja lo mau lewat Mana aja bisa deh Minggu Pagi lari, tapi disini, looks like hampir di setiap tempat pasti Ada jalur lari, di Tremosna yang desa, pinggir hutan dibikin jalan setapak yang sengaja Buat orang2 lari Dan sepedahan, Dan dikasih tanda2 juga di pohon2, Mana yang jalur lari, or gowes, or jalur orang nebang kayu...
Itu bukan Bagian dari Taman Nasional apapun lo, cuman ya, hutan pinggir desa aja.

Kalau di Plzeň dan Praha, ya adanya Taman. And like I said, kalau disini bilang Taman, itu bukan cuman berarti pojok kecil ga sampe setengah kilo gitu kayak di Jakarta, tapi Taman disini gede2, be it di Praha kek or Plzeň kek, beberapa mungkin malah bisa dibilang "hutan kota" kalo di Jakarta saking gede Dan lebetnya.

But also, the fact rute lari gua di Tremosna berada di pinggir hutan... Gua kadang2 ngeliat Rusa juga.
Hey, less than 200 metres dari rumah gua idup Rusa nyet! Serius beneran! Padahal cuman 12 kilo dari Tengah Kota Plzeň! WOAH! And many other things, tapi yang selalu bikin gua mau stop lari adalah rusa2 ini.... Entah kenapa. Reminds me of Patronus...

Itu sih sekilas soal lari di sini, this is just introduction masbro...

Ah ya, gua harus siap2 tidur, besok lari special 30 minutes!
Run Forrest Run!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar