Selasa, 21 Januari 2014

Kuttenberg (1) - amanat (an Intro)

Sebulan yang lalu gua sempet dapet email dari si Mas.
Bunyinya sederhana sih.

Walhasil gua pun kepo juga, emang tempat nya kayak gimana sih, emang Kutná Hora sebagus apa sih.
Pertama kali gua iseng angkat soal itu pas lagi makan malem.... Waktu itu si kakak lagi ga Ada, cuman kita ber 3 di rumah, gua iseng aja

"Kde je Kutná Hora?" Kutná hora dimana sih?
"Mezi Prahou a Pardubicích, proč?" Between Praha sama Pardubice, kenapa? Itu kata Táta
"Ja jsem slyšel tam je hezky město." Denger2 itu kota cantik.
"No je to hezky. Moje rodina je tam." Emang bener cantik, Keluargaku di sana, Kata si Mami.
"V Kutné hore?" Di Kutná Hora?
"Ne... Ale blízko, tam jsem šla na gymnáziu" gak sih... Tapi deket, disana dulu aku gymnazium (SMA)

Abis makan malem itu, like usual, kalo gua Ada pertanyaan2 kota or tempat2 gitu, Táta langsung ambil atlas Ceko gede yang selalu ngendok di rak buku deket dapur itu.
Emang beneran Kutná Hora Ada diantara Praha sama Pardubice.
And as usual lagi; doi pasti ngasih tips kalo naik kereta,
"To asi jeden hodin z Prahy autem." Sekitar sejam dari Praha, katanya.
Just a little clue: X = udah didatengin, O = masih ngimpi. Bintang = tempat gua

"Ale vlakem do Kutné Hory hlavni Nádraží to bude taky kolem 1 hodin z Prahy, ale potom mas jít pěšky asi tři čtvrt hodin do Centra." Tapi kalo numpak sepur alias naik kereta, ke Stasiun Utama Kutná Hora juga sekitaran 1 jam dari Praha, tapi abis itu harus jalan kira2 3/4 jam ke pusat Kota...

Hmm.... Interesting.
Kapan2 lah bisa dítengok itu tempat kalo lagi weekend ga Ada Acara.  Ga jauh2 amat ini. Nginep Praha juga jadi. Itu awalnya pikir gua.

Loncat ke hari Jumat kemarin tanggal 17.
Pulang sekolah gua langsung dibilangin sama si Mami
"Hele Arkane, Tedka má zajímaví přednášku na radiu, ale ve tři hodin, pojď, mám něco ti rict."
Kan, sekarang lagi ngomongin hal menarik di radio, nanti jam 3 ke sini, i need to say something to u.

Duh, perasaan gua udah enek kalo dia udah ngomong gitu,
Mám něco ti říct, i need to say something to you....
Biasanya kerjaan gua ga beres kek, apa kek... Padahal hari itu gua lagi seneng, Tapi ya sudah lah nak gua ke kamar ganti baju dulu

Edodo eee... Jangan suuzon dulu mas! Rupanya kali ini kalimat itu Berarti positif, untuk kali ini.
"Tak Arkane... Zítra asi pojedeme u Mou Rodiny - tak můžes vystupovat v Kutné Hore..."
Jadi.... Besok mungkin kita pergi ke keluargaku - jadi kamu bisa turun jalan2 di Kutná Hora...
"Co, zítra?" Serius besok?
Gila men, beneran ini, jackpot banget gilaaaaaaaa! Ga nyangka2 bre.
"Proč? Nechceš? Ja si myslím ze bys chtěl nastupovat tam..." Knapa? G mau? Katanya mau banget kapan2 ke sana...
"No jasni ja to chci! To by bylo moc dobry!" Mau lahh! Pasti keren.
"No jo dobry..." Bagus.

Malem2nya gua coba cek2 info n peta Kutná Hora.
Well, sepintas aja spoiler infonya ya ;)

Kutná Hora, old Czech - Hora Kutné, German - Kuttenberg. Dari bahasa Ceko tua: Kotana (tambang) dan Hora (Bukit), Kota yang terletak sekitar 80 kilometer dari Praha Dan merupakan cagar warisan budaya dunia UNESCO, konon katanya sudah di tempati sejak abad ke-12, dengan tulang2 tertua di biara Kostnice menunjuk pada tahun 1130-1170.

Awalnya hanya merupakan desa biara biasa, penemuan mineral Perak pada abad ke-14 menjadi awal kebangkitan Kutna Hora hingga mencapai puncaknya pada awal tahun 1500an. Pada masa itu Kutná Hora bahkan menjadi Royal Residence dan Royal Mint Kerajaan Bohemia alias kediaman kerajaan Dan pencetakan koin Perak kerajaan (yang juga menandakan legitimasi kepemimpinan pada masa itu). Walhasil banyak bangunan bergaya Gothik-Baroque Dan awal Renaisssnce yang dibangun, terutama yang Paling besar Katedrála Svatá panny Barbora (Katedrál Santa Barbara) yang dimulai pada tahun 1388 Di arsiteki oleh Johann Parler dibawah Raja Václav IV, namun konstruksi berhenti pada saat Perang Hussites (1420-1460an), dilanjutkan kembali pada tahun 1482 oleh Benedikt Reits dan Matej Rejsek dibawah Raja Vladislav Jagiellon Dan interiornya hampir seluruhnya lengkap pada tahun 1501, namun detail Dan keseluruhan gereja yang dilihat sekarang adalah hasil finishing pada tahun 1905 .
.Dengan itu Pula Kutná Hora sempat menjadi kota terbesar ke-2 di seluruh daerah kekuasaan Bohemia selain Praha selama abad 16.

Hingga kemudian deposit Perak di Kutná Hora pada pertengahan abad ke-17 maka dimulailah turunnya pamor Kutná Hora, hingga kemudian kediaman raja2 Bohemia Dan Habsburg di kemudian hari berpindah ke arah Bohemia Selatan di sekitar Ceske Budějovice/Boehmisch Budweis Dan Cesky Krumlov/Krumlau an der Moldau

(Sumber macem2, řešensi bikinan sendiri) 

Menarik....
Gak lupa juga first thing yang gua lakuin adalah email si mas - amanat siap dilaksanakan, barisan diistirahatkan...
Yeah gua harus ngaku guys.
That feeling ketika lo dikasih pesen gitu, "tolong kesana, foto disana dong." Dan lo bisa ngelaksanainnya, rasa2nya emang priceless banget, and those feelings are much better dibanding bikin  envy orang karena lo ke šatů tempat rasanya...
Terlebih lagi kalo itu pesen dari orang yang deket sama lo Dan lo tau dia pasti kepo banget nungguin apa yang lo temuin, and when you tell them, it feels great fór both of you.

Berbagi cerita emang selalu jadi favorit gua (although sebenernya sih sering kali lebih jadi "menceritakan cerita" bukan "berbagi"; anak2 @sepaturadio tau banget tuh maksudnya apa hahaha)
Kalau berbagi kan harusnya 2 arah, kalo nyeritain ya 1 arah gitu maksudnya.... Hehe

Anyway, malam itu gua tidur cepat, Kutná Hora menunggu...

To be Continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar