Rabu, 08 Januari 2014

Budaya Pagi Hari


Dobre rano Tremosna... Good morning Tremosna...

Kata banyak orang yang pindah atau kerja atau belajar di Luar Negeri (maksudnya Eropa Amerika gitu deh) šatů hal yang orang Indonesia lebih oke (although orang bilang sih kadang2 bikin ribet juga) adalah kebiasaan kuta bangun pagi.
Ya selamat, sekolah jam 7 itu emang sukses banget nanam ide bangun pagi di Benák kebanyakan orang - Dan bahkan weekend sekalipun, sesiang2nya kita bangun jam berapa sih? Kalau udah bangunnya bablas jam 11-12 siang juga udah dibilang terlalu itu namanya, sementara disini normal.

Tapi 1 hal yang běda yang bikin gua agak risih, padahal awalnya gua gak risih sama sekali...

Kalau di Jakarta particularly di rumah gua orang2 bangun pagi, Dan pagi2 berarti waktunya "orang2 mulai hidup", alias kalo Ada masalah ato kenapa2 pagi2 pasti Ada aja yang ngomong....
"Pagi2 kok bikin masalah."
"Pagi2 kok bikin ribut."
Dalam kata lain juga itu artinya, kalo pagi2 ya ideálnya bangun, solat, makan, siap2... Ga usah grasak-grusuk buru2 gak jelas kalo emang gak butuh begitu. Toh baru bangun, masih "ngumpulin nyawa" ceritanya...
gara2 pasti kalo bangun buru2 pasti Ada yang ngaco, entah ketinggalan kek, lupa kek, apa kek, pokoknya Ada aja yang gak bener.
Saking tertanamnya itu dipikiran gua Ada šatů hal aneh yang gua pegang...
Kalo somehow gua bangun kepagian 20-30 menit, daripada tidur lagi mending bangun aja, karena itu kalo gua coba tidur lagi pasti ujung2nya kesiangan Dan terus buru2.

Gua bukan pemenang aliran "maksimalkan waktu tidurmu", the type of people yang kalo bangun langsung disuruh "WOI INI ITU WOI" pasti rasanya ga enak banget.
Yes Im the guy whos willing to spend another 5-10 minutes in the bed while waiting my Mood to be fully awake.

Tapi nampaknya disini (at least di keluarga gua Dan di 1 tempat lain yang gua pernah nginepin) those conditions dont apply at all. Kalo udah bangun, to znamená, itu artinya, ya bangun, selama2nya waktu lo "ngumpulin nyawa" ya 3-5 menit n itu lo lakuin sambil ke toilet kek cuci muka kek... Not simply in the bed, except fór weekend ya itu běda cerita...weekend ya waktunya santai...

Disini mereka sangat memegang pikiran itu, maksimalkan waktu tidur, Even another 10 minutes is precious.
Yeah, precious like in that cartoon, that says "My Precious...."

Thats why di awal2 Dan kadang2 sampe sekarang, kata2 "Ticho..." (Diem...) sering melayang pagi2 ke arah gua, well sekarang gua udah berhasil sih master gimana pagi2 gak bikin bunyi2. I mean like, Ada pasti deh di rumah lo juga, beberapa pintu or Bagian lantai (apalagi yang dari kayu, pasti tau banget itu gimana!) kalau lo injek or buka or Even sekedar dorong dikit, bunyinya bikin seisi rumah denger kalo lagi pada ga Ada suara lain. 

Yup, sebagai penghuni rumah berkayu banyak selama lebih dari 10 tahun gua tau jelas itu kayak gimana rasanya.

But problems dont stop there. Itu adalah problem awal gua, now, yang gua masih Dan mungkin bakal selalu agak feeling risih kalo pagi2 adalah....
Betapa hebatnya si Mami yang sambil menyapa gua "Dobre rano" (good morning) Dan ngasih gua Snídani alias Breakfast, layaknya agenda berjalan, bakal langsung kayak nge-list gua mesti ngapain aja...langsung flashbang total otak gua yang masih ngawang. In your face bro in your face.

"Takže Arkane, včera jsi nedělala..... jsem ti to říkal...."
So Arkan, kemarin kamu enggak ngelakuin..... Aku udah bilang ke kamu kan....

Ah, ya, sekilas nampaknya normal sih, I mean, all mothers in the world probably do that - kebawelan seorang nyokap ke anaknya ya emang ga bakal pernah bisa dibandingin sama kebawelan orang lain.

But kalo di Jakarta, at least, lo gak bakal ngasih anak lo nasi goreng paginya sambil langsung ngebombardir pake segala list itu. Ya Paling ngomongnya

"Eh jangan lupa nanti ini itu ini itu lo...."

No one do like.... Nge-list apa yang lo belum lakuin kemarin, terus hari ini ngapain aja, langsung the first thing yang lo omongin abis bangun tidur.... Wew, kayaknya as if kehidupan tentara aja gua dah, haha, jadi inget bintama dkk nya.

And jangan dikira itu cuman karena gua exchange student Dan bukan anaknya doi. Kakak gua pun Even kakak gua yang udah mahasiswi pun, Kena juga begituan! So this is not exceptional.
Gila gua kagum gimana doi hidup 23 tahun di rumah ini tanpa sekali2 meledak.
Gua jujur kadang2 rasanya pengen agak marah, Dan ujung2nya bawelnya gua keluar.... Terutama kalo lo tau gimana gua... Everything got its own time, gua tau gua belum ngapain aja, tapi ya belum Mood or Ada hal lain, ya bisa kapan2 aja, tapi kalo emang gua lagi mood n nganggur bisa langsung dilakuin kok (well itu sih yang most parents bakal bilang "procrastinator" "nunda" tapi I bet a lot of you juga gitu kok hehehe!) Dan ya, gua Sangat gak suka kalo misalnya dibawelin "eh lo, itu urusan lo beresin kenapa? Lo gak mikirin ya?" Padahal gua tau jelas "Sabar bu, gua tau kapan itu bakal gua lakuin"

Tos untuk semua waiting-fór-the-Mood-procrastinator di luar sana hihi.

Si Mami bilang sih "kalau Ada hal yang ga enak, bilang aja." But I guess this one.... Yah, biarlah, doi hampir 60 tahun bro, Dan doi ngelakuin ini sama anaknya sama suaminya, ngubah ini? Sudahlah biarkan saja....
Lo yang masih muda Wir, adjust to her demands, prosim, sil vous plait....

Tapi sampai kapan pun juga, in my head tetep, kalo Ada apa2 pagi2...

Yang kebayang di otak gua adalah muka si Mas, yang baru bangun Sabtu pagi, baru minum air 1 liter hariannya (yes, Tiap pagi doi minum 1 liter langsung abis bangun, katanya some kind of health terapii, entah lah), belum pake kacamata, masih dengan kaos kutangnya, Dan dengan muka khas pagi2nya yang campuran antara santai-Dan-ngantuk....

"Pagi2 kok ribut."

1 komentar: