Kamis, 19 Desember 2013

Nge-Stalk?!

Hm, so guys, jadi exchange student itu... Bla bla bla, lo bisa liat sendiri di Timeline apalah Twitter kek FB kek Path kek or feed Instagram gua, banyak cerita seru n seselnya, yang macem2 banget alasannya dan cerita gimana kita akhirnya dapet pelajaran itu, gila banget.

tapi terkadang kita lupa sama culture shock soal hal2 kecil,
Yang emang gampang banget kelewatan tapi sekalinya nyadar,
Wah rasanya either kayak dapet Ilham dari Tuhan, or tamparan sedap.
In yo' face.

Salah satunya - hal yang baru di rasain anak2 5-6 tahun terakhir.
Attitude di Social Media.



Oke Cun, what happened?
Well apparently ga parah amat sih - tapi itu menurut orang2 sini, menurut gua, wedeh bahaya. Dan itu rupanya yang selama ini bikin gua agak kagok juga kalo ngadepin hal2 kayak begini.
Tapi ternyata emang begitu lah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung (kok gua lupa ya yang bener apa), antara attitude anak Jakarta sama anak Plzeň (Dan anak2 luar Indonesia, if not just out of Asia!) soal Social Media Dan gimana kita gunainnya, emang běda banget.

Apa lagi soal issue nge-Stalk orang, hyah lo....
Ya, sebagai orang yang di Jakarta sering dibilang "ih nge-stalk ya..." Padahal cuman gara2 kebetulan aja emang post doi Nongol di Timeline gua gara2 gua refresh news (Dan mungkin gara2 muka Jawir gua yang kalo lagi males shave keliatan agak intimidatif) of course gua sekarang jadi lebih hati2 kalo pengen bring up post orang kalo lagi ngomong bareng gitu, or Even, kalo pengen mention orang di Internet gitu, ya juga ati2...

Well sebenernya awalnya dulu gua ga pernah Ada masalah sih, tapi sejak tau Ada segerombolan anak yang gara2 rumor2 ga enak ini jadi beneran segan n at some degrees takut sama gua, gua jadi lebih ati2 lah.
Ya lebih lagi kalo diantara orang2 itu, although mostly emang orang yang "yowis lah biarin" tapi gara2 Ada yang gua Anggep...ya, běda lah...ya, well... Doi...
Ah sudahlah! Lanjut!

But here such things are a little bit different.
A "little bit" different.
Disini temen2 gua gampang2 aja ngomong soal2 kayak gini nih

"Whos that friend With you on Facebook? Je hezká holka (Doi cewek cantik)"
"Takže v Jakartě běháš tydnu jo?" Lo di Jakarta lari Tiap minggu ya? Padahal gua jaman kapan nge tweet soal Latfis hari Sabtu.

Or simply, soal nge-like foto lo yang udah láma gitu, or nge-like šatů foto yang Ada diantara sekian banyak foto yang baru gua upload, Dan foto itu bukan yang muncul di Feed lo (harus buka foto album ya baru keliatan)

And di kalimat temen gua yang ngomong soal temen gua yang cantik itu? Itu ternyata foto udah setengah tahun umurnya.

Kalo gua cerita kayak begini ke temen gua di Jakarta, tanpa ngasih tau kalo ni orang yang ngomong ini Dan ngeliat foto itu adalah the typical bule ganteng, mungkin cewek2 bakal kabur n bilang "ih gila orang Ceko serem amat ya". Tapi kalo gua kasih tau how he looks like, wah diem2 seneng tuh "WEE gua di stalk bule ganteng!!!!" Pake segala emot yang bisa dibayangkan.
Jujur aja girls!

Kalo cowok, ya, gua juga ga terlalu mikirin sih, in fact Kadang gua seneng gitu kalo bahas posting kalo lagi ngobrol "gimana Ujung Kulon Cun" "Wei lagi di Bali juga dimana lo" (well salah šatů anak Sepaturadio - gua seneng sama attitude SocMed doi, gimana doi juga bisa gampang aja nge-bring up apa yang di SocMed gitu, he somehow just grow up to do it)...
Tapi itu kan kita bahas soal posting yang baru2 ya, kalo soal posting udah 3-4 bulan gitu...
Sebenernya agak serem juga ya gak bro.

Dan pola pikir itu juga yang sebenernya bikin gua kagok or at least bikin dahi gua ngerut kalo ditanya soal pertanyaan2 gitu.
"Který je to..." Yang Mana itu... 
Biasanya jadi jawaban refleks gua, Sambil sebenernya nyimpen pertanyaan Diem2 "lo liat dari Mana! Lo ngapain!"

Tapi rupanya itulah yang terjadi di bumi Bohemia Barat ini.
Apa yang beredar di Social Media, kalo lo ga ralat or hapus, selama masih beredar di Internet...
Kemungkinan untuk di Like, di Dislike, di Comment, di omongin, masih bakal kebuka 100% tanpa perasaan "gua nge stalk lo" sama sekali.
Dan rupanya itu juga jadi cara untuk orang biar lebih kenal orang lain - liat dulu di SocMed terus pas ketemu orangnya ngobrolin soal itu, well sekilas keliatan normal sih, tapi Buat orang Jakarta, ngeliat posting di SocMed sampe yang udah sekitar 4-5 bulan-an itu mah udah stalking derajatnya.

No, no, disini normal sekali.
Disini stalking baru lah ketika lo tau soal foto/posting yang harusnya private, Dan I guess, all over the world semua orang juga setuju lah kalo gitu. Dan besides cowok2 kalo lagi "ngambil dosis cairan mingguan" di Pub terdekat, semua orang ya sadar Mana posting private Mana yang nggak; kalo private pasti minta dikirim, kalo gak ya mintanya di Upload aja.

Emang aneh awalnya, tapi...
Akhirnya gua lebih setuju dengan pendekatan orang sini soal SocMed sih,
Karena emang bener, yang lo udah upload ke SocMed sampe kapan juga bisa masih didebatin or di Like, emang ga Ada salahnya, lah bener, soalnya sopo sing upload kan ujung2nya? Any comment Dan Dislike ya konsekuensinya. Emang SocMed itu tempat dimana orang bisa jadi lebih tau soal lo (which means juga sampai titik tertentu agak promosi alias gak banyak foto2 gila yang bisa lo temuin)
Gebleknya point-of-víew macem ini orang Indonesia juga punya, sayangnya itu biasanya dipake sama orang yang cari gara2 Buat panas2in masyarakat tuh.

But to be honest, anehnya orang2 Asia disini rata2 masih punya cara pandang yang ya... Kurang lebih sama lah sama Indonesia. Cuman orang2 Vietnam yang udah lahir sejak dari sini or pindahnya udah sejak kecil yang punya pandangan beda, itu gua liat ketika gua mulai nyoba cara yang sama buat ngedeketin orang juga disini (ya, trying to be Czech, cek di FB terus ngobrol gitu)... and seeing upon temen2 seperjuangan gua yang dari Thailand, Hongkong Dan Jepang, sama juga rupanya sama anak2 Jakarta. Dan exactly mereka somehow tetep belum coba lepas dari point-of-view mereka soal persoalan kecil ini.

Such a thing Buat hal yang kayaknya kecil banget Dan kita hadepin Tiap hari ya.

You may say Budaya itu bukan cuman soal adat istiadat, rituál, agama, bahasa, rutinitas tapi juga soal cara pandang Dan cara menggunakan sesuatu di kehidupan.
And I must say, kalo gitu, bahkan gimana orang bangun koneksi dari Info di SocMed juga Bagian dari itu bro!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar