Selasa, 03 Desember 2013

Jazýk

Kata itu di bahasa Ceko artinya bisa 2.
Bisa jadi Lidah
Bisa juga bahasa.

Definisi ke 2 adalah yang gua bakal bahas kali ini, karena definitely Hovězí jazyk alias Lidah Sapi di Ceko kalah jauh sama di Jakarta apalagi yang biasa dimasukin ke Soto Betawi pojok belokan Mayestik itu, haha.

Ada sebuah evolusi kemauan Sebelum Dan sesudah 3 bulan gua Ada disini.

Well di awal sekali sebelum kesini gua sangat berpasrah hati, ga usah belajar apa2, toh ini bahasa antik sendiri.
Malahan gua belajar sedikit bahasa Jerman karena gua tau gua bakal ditempatin di Plzeň, di Bagian Barat bumi Bohemia ini, atau lebih tepatnya kalau memakai sebutan láma yang tabu untuk diucapkan lagi - Sudetenland atau Sudetý, Bagian daerah Ceko láma yang mayoritas dihuni minoritas Etnis Jerman... Selain Gdaňsk/Danzig di Polandia, ini adalah daerah2 yang Hitler pakai untuk justifikasi Perang awalnya...

Rupanya perkiraan gua berbeda dari realita, karena rupanya gua baru tau pásca Perang Dunia 2 dibawah pemerintahan Komunis Ada sebuah gerakan untuk menghapus daerah ber-mayoritas Jerman itu.

Emang bukan dengan cara kekerasan dalam arti nge bunuh sih, tapi pemaksaan asimilasi seperti ngubah nama seperti yang terjadi selama Orde Baru dengan orang Tionghoa, atau dipaksa deportasi ke Jerman (semua barang di jamin aman, tapi entah kenyataannya gimana).... Itu lah yang terjadi. 

Gak heran kalau nama2 temen gua masih banyak yang berbau Jerman kayak Bürgerova, Ottenschlagerova, Štajner (Steiner), Čajtamel (Zeithaml), Stindl, Šinler (Schindler), Ekstein, Wolf, Habrman (Habermann), bahkan Němec atau Němcová (yang arti harfiahnya di bahasa Ceko berarti - German!) Dan masih banyak lagi... Although itu gak berarti mereka masih bisa ngomong fasih bahasa Jerman!

Salah šatů bab Sejarah kelam untuk orang Ceko.

Lah lik, kepriben, mau bahas topik ringan kok malah nyerempet ke sini...
Ya in fact emang kalau membahas bahasa gak mungkin lepas dari hal macem ini.

Balík ke awal masa minggu-minggu pertama gua disini pun, gua gak terlalu semangat belajar bahasa Ceko. Seperti gua saat gua ngobrol sama David, temen kelas gua yang ternyata juga baru balík Exchange taun lalu, dari Amerika.
"You dont really want to learn Czech, is it? Its not such an important language Internationally..."
"Yeah I guess so... Its nowhere near anything I know before."

Ya awalnya gua masih pake full bahasa Inggris, Dan di tempat2 Publik, Jerman (ya, seilangnya apapun budaya Jerman dari Bagian Ceko yang disini, orang2 tetep lebih jago Dan lebih pede ngomong sama orang asing pake bahasa Jerman dibanding Inggris) although gua belajar tetep bahasa Ceko, supaya gua gak bener2 jadi orang "asing".

My original goal emang cuman yo wis, bahasa Ceko yang penting bisa komunikasi ama orang-orang di rumah, di sekolah and biar gak nyasar lah... Since I know butuh 3 tahun belajar keras biar bisa ngomong Prancis yang "lumayan" lah, Dalem 1 taun belajar bahasa yang bener-bener baru itu tantangan gila....
Dan I come here to live a life rather than to learn a language.

Tapi nyatanya, seiring perjalanan, hasrat itu digoyahkan oleh sesuatu yang lebih kencang.

Bahwa kenyataannya tidak mungkin hidup di suatu tempat yang baru dengan perasaan membaur tanpa benar2 menyelami bahasa mereka.
Guru, temen India gua yang punya kafe itu juga bilang hal yang sama, although memang Ada juga manusia2 yang menantang norma itu....
"I got an English friend whos been here fór Six years, and not Even basic Czechs beside greetings he know."

Begitu Pula beberapa manusia di Couchsurfing Plzeň - tapi well, mereka disini cuman Buat projek Buat beberapa bulan; kalau itu makes a lot more sense.

Masalah ini gua sadari ketika gua mulai agak sering nongkrong bareng beberapa temen di CrossCafe...
Ya bisa ditebak siapa saja. Bagian dari 5 cewek yang pertama kali ngajak gua nongkrong di hari pertama sekolah...
Di satu selasa sore yang mendung ditemani cangkir-cangkir berisi kopi hangat itu, mereka lagi gosipin sesuatu. Entah apa itu gua gak ngerti. Tapi kayaknya seru banget.
I know its such a girl thing, tapi tetep, insting pengen tau ini, pengen ngobrol biar jadi lebih deket n akrab itu, susah ditahan...

Akhirnya ketika Ada šatů frase yang gua ngerti, gua langsung nyamber
Kata-kata itu, yang keluar dari mulut Terka dan bikin gua nyamber adalah "je fakt hodně hezká holka." She is really a beautiful girl.
Dan bagaimana gua nyamberpun gak nanggung-nanggung.

"Hele Pojčké! Kdo je Hodně Hezká Holka?"
Bentar! Siapa sih cewek yang cantik banget ini?

3 cewek ini pun mulai ketawa...
Dan mereka mulai jelasin pake bahasa Inggris... Siapa orang yang selama sore itu mereka lagi gosipinn, potensial pacar siapa...

Walaupun materi gosipnya masih sama kayak di Jakarta, pacaran disini emang agak beda lah.

Setelah kata2 itu keluar Dan omongan jadi bener-bener melibatkan semua orang di meja cafe itu...
Rasanya jauh lebih enak.
Dari situlah api gua belajar bahasa Ceko dimantik seketika.

That feeling bahwa lo bisa bener2 Interaksi saling mengenal tanpa batas itu.
That, no foreign language can replace.
Memang sejago2nya Dan selama2nya lo udah belajar šatů bahasa asing pun, kalo Ada orang yang ngomong pake bahasa yang lo anggap lo udah idup bareng sejak dari kecil, you feel that connection.

Demi teman.

Kalau mendengar 2 kata itu gua bisa melayangkan pikiran gua kembali ke Jakarta, beberapa bulan yang lalu - 2 kata itu seringkali jadi masalah yang selalu dipermasalahin Nyokap gua selama gua SMA.

"Kamu demi jalan bareng sama temen aja, ben capek, gak mikir badan kamu apa?"

"Gak mikir aman kamu apa?"
"Terus kalo temen2 kamu itu juga gak nganggep kamu apa2, gimana?"

Yeah, definitely gua sebetulnya Trauma dengan apa yang terjadi saat gua kelas 8 alias 2 SMP.
Singkat kata gua hanyalah anak polos bodoh waktu itu yang mengalami serangkaian kejadian selama setahun penuh yang, sekarang gampang sih gak usah dipikirin, tapi kalau Ada yang ngungkit lagi, rasanya pengen tampar tuh orang yang ngungkit.
From there gua bersumpah terhadap 2 hal yang harus selalu gua lakukan.

Salah satunya, cari temen...
Gak pilih-pilih, semua orang dideketin...
Karena gua gak mau sendiri lagi.
Dan kadang2 gua rasanya pengen ngelibas semua acara2 dimana bisa dapet temen baru, or at least, jadi makin akrab sama berbagai temen dari berbagai latar yang berbeda.
Sampai Nyokap gua pun ngomong hal2 itu.
Dan ya, gua sempet mikir apa gua gak terlalu keras mencoba cari temen.

Tapi di tempat macam ini justru gua ditantang lagi untuk mencoba menggali lebih dalam, justru harus lebih berusaha keras demi bisa jadi temen yang deket sama temen sekelas gua.

Which at such point of my life gua sadar bahwa memang mau gak mau belajar bahasa yang amat asing ini adalah salah šatů kunci terbesarnya untuk sampe ke Tujuan gua.

Emang gua harus bilang, gua gak rajin rajin amat sih belajarnya.
Kalau yang dimaksud belajar itu adalah buka buku (yes, kita anak2 yang terdampar di bumi Bohemia Dan Moravia ini dipinjemin buku Buat belajar Ceko!) wah gua bisa dibilang amat males.
Sayangnya ini adalah definisi belajar oleh kebanyakan orang, termasuk the Brotankovi (hostfam gua) Clan.

Sementara realitanya, gua sangat lebih manjur belajar dengan dengerin orang ngobrol di kelas, di TV, baca Korán, catet kata baru, catet frase baru, Google artinya yang bener apa, terus dicoba dipake kalo lagi ngomong.

(Alhamdulillahnya bahasa Ceko Persis kayak bahasa Indonesia di 1 hal - yang di tulisan Dan di omongin sama, gak kayak bahasa Inggris... "Mean" dibaca "min" tapi "Seen" juga dibaca "sin" lias bisa sama pengucapan although beda tulisan, atau sebaliknya beda2 pengucapan walau běda kata)

Nowhere near definisi "belajar" kebanyakan orang.

Dan Buat grammar yang susah, gua emang buka buku sih, tapi itu juga cuman bisa kalau gua lagi fokus... If not sampe kapanpun juga gak selesai.
Sehingga gua pun bener2 tunggu waktu dimana ga Ada yang bakal ganggu gua Dan musik di iPad gua baru belajar, karena if not... It wont happen. Šatů rule grammar Ceko yang susah bisa gua tandaskan dalam 20 menit saat fokus, Dan ketika gak... Gua sempet ngutet sama 1 rule selama 2 minggu lebih. Cuman gara2 ga Ada waktu fokus...

Dikit2 mesti bantu gotong kayu, abis itu waktu itu ngurus beberapa performance, beberapa kali jalan ke Praha... Impossible.

Penyakit gua emang itu sih, tapi kayaknya gua bakal tetep embrace it as part of me, daripada maksa.

Toh temen2 gua sangat Sabar dalam artian mau benerin gua kalau salah ngomong, or at least, minta gua ngomong 2x kalau gak jelas...

Tapi memang nekatnya gua untuk nyoba selalu ngomong pake bahasa Ceko sejak kejadian di Selasa Sore gerimis itu, emang itu sebenernya Paling bantu.
Karena you get such a different response ketika ngomong Inggris Dan ngomong Ceko.

Nginget2 tulisan yang gua kirim Buat Newsletter gua ya... (Gak ane publish di blog sih, so here it is)

Ketika gua berani ngomong Ceko patah-patah...
Ketakutan temen2 gua ngomong bahasa Inggris pun pecah.
Mereka juga jadi berani nerangin pake bahasa Inggris yang gak bagus-bagus amat.
Karena gua udah nunjukin, to be out of your zóně itu bukan masalah Buat gua...
Gak Perlu malu dengan apa yang salah...
And they will just follow the same step.

Showing you are vulnerable makes other people willing to show you the same vulnerability.

Karena gak Ada manusia yang terlahir sempurna, betul masbro mbaksis?

Kini, hari ini juga, gua udah bisa ngeliat hasilnya...
Tadi pagi dari Nadrazi (stasiun) ngobrol bareng sama kakaknya Táta (bokap)
Tadi siang, kali ini giliran ke Nadrazi, ngobrol bareng sama adik kelas yang dari Dobrany itu.

Full bahasa Ceko, no English at all.
Semuanya begitu mengalir.
Bayangan stereotype manusia Ceko yang, layaknya mayoritas manusia Eropa lainnya lumayan dingin Dan kurang welcoming...
Gak keliatan sama sekali.

Gua masih jauh dari perfect sih, tapi gua boleh dibilang cukup puas Buat 3 bulan yang cepet ini.
Yang jelas Semua orang sekarang keliatan jauh lebih mudah...lebih bersahabat

Jadi inget mas Juki KillTheDJ di lagu Jogja Istimewa-nya bersama dengan crew Jogja Hiphop Foundation lainnya.
"Budaya adalah senjata memanusiakan manusia."

Dan kalau salah šatů Bagian besar budaya itu Bahasa...
He definitely had written the correct lyric fór such a song.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar