Rabu, 11 Desember 2013

Soal Bola...

"Mbok makan dulu toh, kasih contoh yang bener! Itu kan bisa Buat nanti! Dan kalian gak usah melongok2 nengok ke sana! Pada masih pegang garpu-písau Pula, kalo jatoh ke lantai gimana!"

Kurang lebih itu terjemahan kata2 yang keluar dari mulut si Mami.

Tak co se stalo? What happened?

Jadi malam itu Ada sedikit pertengkaran di meja makan.
Jarang2 masbro, sampe Ada teriak2 diantara kita ber 4 begini.
Knedlík, ayam Dan zelí (sauerkraut) jadi saksi bisu pertengkaran ini.
Hebatnya, ini agak keroyokan, ini soal 3 orang lawan 1, Dan enggak, yang sendirian itu bukan gua tapi si Mami. Dan kita lagi terbawa euforia sambil deg2an.
Dableg, kok malah seneng?

Well biang keroknya bukan berada di meja makan, yang bikin kita bisa kayak gini bukanlah kenakalan gua atau si kakak, tapi dari sebuah Acara yang lagi disiarin di TV...

Apa lagi kalau bukan pertandingan Leg Terakhir Group Stage UCL, Plzeň vs CSKA Moskau.

Ya, ngomong2 soal bola kali ini bro -
Kata banyak orang, Eropa (bukan cuman Inggris ya) itu tempat yang sepakbolanya itu udah jadi Bagian dari identitas penting Tiap penduduk... Gak kayak di Jakarta atau Indonesia dimana make atribut šatů klub bola bukan jadi masalah kalo lagi jalan di mall (kecuali kalo lo JakMania yang lagi jalan2 di Bandung)... Disini orang bisa nanya itu klub Mana? Oh lo dukung klub itu? Sometimes bisa jadi dengan Nada agak sedikit mencibir, kalo lo pake di tempat yang salah.

Kayaknya cuman atribut klub bola disini, jadi pakaian yang banyak diomongin di kalangan pria - kalau anak2 "gaul" Jakarta bakal liat "wes itu Jeans udah di Seawash yak?" Atau ngomong soal sepatu atau kemeja baru, well, disini ga Ada masalah sama sekali, soal baju itu omongan cewek, kecuali soal kalau atribut bola.... Selalu lain cerita.

Karena itu juga gua sempet nyoba sama temen gua nonton šatů pertandingan FCVP alias FC Viktoria Plzeň langsung di Stadion Doosan Aréna a.k.a. Struncovy Sady, gak tanggung2 emang, lawannya waktu itu Slavia Praha - well antara Plzeň Dan Praha pasti selalu jadi pertandingan panas, bukan Derby sih, tapi gara2 emang Plzeň itu klub yang tahun2 terakhir ini bisa mendobrak Gambrinus Liga (Divisi Utama Ceko) yang selama ini didominasi sama tim2 dari Praha (ya katakanlah, kalau tiba2 Valencia atau Villareal atau Sociedad bisa menang La Liga Dan itu bertahan Buat beberapa tahun, pasti bikin Madrid sama Barca gatel juga).

Tapi, beberapa pertandingan bisa lebih panas dibanding pertandingan yang sejak jauh sebelum Kick-Off bakal jadi heboh.

Contohnya ya kemarin malam itu.
Walaupun malam itu sebenernya alasan yang bikin hot cuman 1 -

Pavel Vrba.
Pelatih Plzeň yang selama 5 tahun berhasil bikin Plzeň juara Liga 2x (boleh dibilang pelatih Paling suksesnya Plzeň), bakal "naik level" jadi pelatih Reprezentace alias Timnas Ceko Januari ini.

Which means ini bakal jadi pertandingan terakhir doi bersama Plzeň.

Dan ini juga kesempatan terakhir Plzeň Buat at least, 
masuk ke Liga Europa (Evropske Ligy).

Definitely he wants to give a good Farewell gift for everyone to remember.

Tapi sebenernya tanpa persembahan akhir yang sempurna pun, jajaran fans bakal tetep nginget doi kok.
Sebelum kick off aja stadion Doosan Aréna udah membara siap-siap Buat pertandingan dahsyat itu.
Kerumunan 15,000 orang lebih disemua sisi stadion kecuali di pojok Hosti itu (tempatnya pendukung Away - kali ini, CSKA) disihir jadi barisan kertas warna biru-merah yang menyala2 dibawah lampu stadion. Dan di Seberang sisi lapangan yang lain, di "Sarangnya" para Ultras (hooligans nya Plzeň - boleh dibilang Bagian stadion yang itu sama kayak Südkurve atau Southern Stands nya Allianz Aréna Buat Bayern), turun gambar raksasa para penggawa Plzeň Dan Vrba lagi ngerayain Gól.

Dibagian bawah šatů orang memegang šatů huruf, lama2 ngumpul jadi šatů kalimat raksasa yang bisa dibaca

Ty chvíle krásnější než sex!
This moment more beautiful than sex. 

Karena emang sebetulnya, mungkin mengalahkan CSKA itu di atas kertas, sedikit Mission Impossible.
Kalo gak beneran Mission Impossible...

Kalau kata status FB si abang Honza yang nonton di Hospoda (Pub).


Yup, gak salah denger, beberapa pemain CSKA nilai di Transfer Market nya sama atau bahkan lebih dibanding seluruh nilai Transfer anggota tím Plzeň digabungin. Emang di CSKA ada siapa? Cukup gua sebut 2 nama aja, pasti tau lah kalo bilang demen bola...

Keisuke Honda
Igor Akinfeyev

Tapi mungkin karena semangat yang membara, sejak dari awal pertandingan Plzeň udah dominasi semuanya... CSKA bener2 dari awal cuman cari kesempatan lewat Counter cepet yang walaupun cuman sekali-sekali, bahaya banget! Gara2 Ada si Ahmed Musa.

Ya, Ahmed Musa, gua belum pernah denger or liat pemain ini main, tapi sekali2nya gua liat doi main, ini orang emang bahaya - the usual figure of African striker, HE'S A BEAST kalau kata Ksiolajidebt (Fifa (y)). Cepet, power, Dan Stamina, lebih lagi pake bumbu emosi Dan kontroversi (doi ga segan2 diving yang pinter or nyulut emosi rupanya - mungkin 2-3 kartu kuning Plzeň kemarin asal mulanya dari ulah doi)

Untungnya malem itu Matus Kozačik gak bikin eror.

Still Babák pertama masih skor Kaca mata, although kita cuman nonton separuh Babák pertama.
Gara2 makan.
Ya, si Mami, true defender of ethics, pengennya ya Mbok kalo makan, ya makan.
Bukan makan sambil nonton.
Kami ber-3 (gua, si kakak Dan Táta/bokap) pun mulai berkelit,

"Tak poslouchame" ok, kita dengerin aja deh. Komentátor Ceko emang bukan yang Paling heboh atau emosional kayak kalo lo denger komentator Brazil atau Spanyol atau Arab (Youtube videos please) tapi tetep bisa ngasih info2 penting.
Tapi itu gak bisa bikin kita ngindar Buat ngliat ke TV begitu si komentaror ngasih clue kalo lagi Ada peluang... Beberapa kali peluangnya bagus. Dan kita sampe "Neee!" "Nooo!" 
Sebelum akhirnya si Mami ngeluarin kalimat2 ultimatel rage yang gua udah bilang di awal banget tulisan ini.

Ketika itu terjadi, oke, kita makan... Hening langsung meja makan.
Akhirnya Táta berujar,
"Tak snís' to rychle, abysme se to divali!" 
Dah, makan yang cepet, biar bisa nonton. 
Oke siap Komandan!

Táta selesai duluan, doi langsung menuju ke Sofa.
Gua fokus selesaiin makan, tapi si kakak masih beberapa kali nengok ke TV. Mami marah lagi... Kali ini dengan cara yang bener2 beda, seakan Ada yang dipendem.

"Verunko prosim té nezlob me"
Jangan bikin gua marah.
Lalu doi mulai ngasih iming2, nanti gua abis ini dikasih Dorty k Zmrzlinu alias Kue n Es Krim tapi si kakak gak bakal. Entah kenapa gua refleks

"Ne! Nechci! Tam chci." Gua gak mau! Gua maunya itu! Sambil nunjuk Ke arah TV
Si mami ketawa lemes, tapi gua somehow malah lanjutin ngomong
"Fotbal je důležitější než dort!" Bola lebih penting dari kue
"No jo" si kakak ngedukung
"Mám pravdu ze jo?" Gua bener kan
"Fakt jo." Iya kok. Dan kitapun Tos.

Well gak láma setelah itu si kakak selesai mamam, langsung Menuju ke kursi.
Tnggal gua, as usual, porsi Paling banyak selalu selesai belakangan... Rasanya gua makan láma bener, tapi ternyata gua cuman miss Action 20 menit pertama.
Tapi Sebelum ke sofa Jebe 2 orang pertama, gua harus beresin meja dulu.

Niatnya sih begitu, lalu kemudian...
"To nevadí Arkane, já to udělám." Gak papa, sini aku aja. Begitu kata si mami.
Begitulah pemandangan malam itu di rumah kami...betapa si Mami pun juga, at the end, well, wants to see 3 of us happy sebenernya.

Setelah itu langsung gua jebe ruang tengah, korden batas ruang tengah Dan ruang makanpun ditutup si Mami. Kami ber 3 fokus ke aksi di lapangan Doosan Aréna...

Like I said before, Babák pertama di dominasi Plzeň, dengan sesekali CSKA bisa bikin Counter yang bener2 bahaya. Tapi ya itu, kurang finishing.
Salah šatů yang Paling gua inget dari Babák pertama - corner Pavel Horvath di menit 35-an...

Ya, Pavel Horvath sang Kapten gendut ini emang jagoannya Passing Lambung Dan Set Piece alias bola mati, kalau misalnya di dunia cuman Ada Gambrinus Liga, ga Ada Bundesliga EPL dkk.nya, terus dibikin game, jamin Pavel Horvath bakal dikasih basic point Buat Passing sama Set piece nya 90 ke atas...

Keren banget, pertama2 gua kira itu bola bakal ke arah far post alias ujung gawang kiri (corner nya dari kanan) tapi ternyata Malah besok dikit ke pinggir kotak Penalti sisi kiri, yang kosong, karena semua penyerang Plzeň sama defender CSKA udah ke kecoh bolanya.

Disitu David Limbersky berdiri, kosong gak ada orang lain, mencoba volley; timingnya pas banget Akinfeyev juga udah keluar posisi kearah tiang kiri gawang... Bagian kanan gawang kosong.
Eh melambung ke udara sodara....

Tapi takpapa.
Babák pertama berakhir, gua mandi dulu lalu lanjut Babák ke-2.
Well awal mulanya, keliatan jelas Plzeň ngendurin Tempo... Dan CSKA mulai lebih berani lagi ngejar Counter. Dan dibayar mahal Bung - Ahmed Musa akhirnya bikin gol, umpannya Honda gak bisa dibendung, Ahmed Musa Nanduk dari deket Dan sudut susah, Kozačik cuman bisa loncat, malah Keňa kaki, masuk bola ke Dalem.

"Ne...." Si kakak kesel sambil mukul2 bola gede kita (itu loh bola yang Buat senam/pilates ibu2 muda, lupa namanya apa)

Rupanya itu baru awal mula drama malam itu. Sisa 23 menit tersisa, apa mungkin 2 gol biar menang?
Mungkin, apalagi abis Pontus Wernbloom dikasih kartu merah.
Harus gua akuin si Wasit malem ini lumayan keras, gua sampe lupa ngitung berapa kartu tapi yang jelas banyak keluar.

Pavel Vrba langsung bikin substitution, masukinnya satu2 sih tapi setiap orang yang masuk bener2 bikin perubahan taktik, makin menyerang Dan makin menyerang. Diantara beberapa kalimat yang gua inget dari si komentátor malem itu, adalah ketika Marek Bakos masuk abis skor jadi 1-1 (again, terima kasih Buat umpan matengnya sang kapten)...

"Tak to tedka mají čtyři-čtyři-dva." Dan sekarang jadilah 4-4-2.
Dan jelas Plzeň bener2 nyerang sampe akhir, terus Dan terus, CSKA bisa counter sekali2 tapi tetep selalu bisa dibalikin lagi... Disini emosi keluar, kayaknya terakhir kali gua seemosi ini nonton bola adalah pas Finál Champions League pas skor 1-1 juga... Sebelum akhirnya Robben pecahin telur kutukan finál doi.
Gol Robben gak jauh2 dari ujung waktu.
Kali ini juga, Plzeň menang di ujung2, lebih dramatis sebenernya.
Why? Perkara masbro, udah menit ke-89.
Belum Ada tanda2 mau dikasih injury time, pas itu Pula si komentator ngomong..

"Rajtoral, hledá poslední šanci" Rajtoral, mencari kesempatan terakhir.
František Rajtoral baru dapet bola dari Horvath - dari corner, tapi kali ini cornernya pendek, doi dribble di pinggir kotak... Sebelum akhirnya Dilepas Cross lambungnya itu, pas di far post Ada Tomáš Wagner - si substitute terakhir yang Pavel Vrba bikin 10 menit yang lalu...
Dan di volley lah bola itu ke sisi ujung kanan, Akinfeyev gak bisa berkutik.

Dan pecahlah seisi rumah.
Seisi stadion Doosan Arena juga Pecah.
Mungkin di moment itu juga seluruh daerah Bohemia Barat PECAH sepecah2nya.

You just cant describe the feeling.

Ada 3 menit injury time, Dan Ada 1 free kick dari Keisuke Honda - si kakak Dan Táta awalnya gak kenapa2, tapi gua tau betapa berbahayanya manusia yang šatů ini dari Freekick... Doi juga udah ngasih arahan2 ke temen2nya yang nunggu di kotak penalti biar kasih celah Buat dia bisa liat...

Tapi membentur tembok saudara, bola dibuang Dan....

Peluit panjang berbunyi.
Timeline Facebook pun jebret dipenuhi semua kata2 luapan kemenangan.

Ya itulah... Bagaimana memang bola itu Bagian penting hidup disini.
Dan bagaimana, sang pelatih ditasbihkan jadi legenda klub.

To end this one, gua mau kasih hal sedikit kocak tapi bisa kasih tambahan lah, gimana emang semua orang suka bola disini.
Itu dari temen gua, tau arti statusnya apa? Kurang lebih gini...

"Taun depan gua beli tiket di baris pertama, Dan siapa tau bisa dapet hal2 yang mirip."


*photos are not mine, credits to blesk.cz


Tidak ada komentar:

Posting Komentar