Minggu, 15 Desember 2013

Chance of a randomness

Sebut saja inisialnya DTT. Kurus, mata sipit, rambut lurus diiket ekor kuda. Typical cewek Vietnam disini banget - nothing makes her special at first sight, bahkan Pertama kali gua ngeliatnya gua pun sempet bingung, karena dalam pikiran gua cuman satu; kenapa temen Vietnam dari sekolah gua bisa Ada di Praha Hlavni Nadrazi dan nonton gua main street piano begini. Tapi gak, doi emang mirip temen gua, tapi she was not my friend, she was no one.

Nama marga (Fam name) nya Diem, which is jarang2 - be it di Ceko atau pas gua jalan2 ke Saigon 3 taun yang lalu, nama Nguyen mendominasi jalanan, bersama dengan Lé, Thanh, Van, Dan lain-lain...
Persis kayak namanya yang langka, dibalik penampilannya yang juga biasa Ada hal yang gak biasa.

But lets recap the build-up first, gimana kok ujung-ujungnya bisa ketemu orang macam doi.

Seperti biasa, Sabtu itu gua Ada urusan lagi di Praha - ya another job, nari lagi, well well, consider yourself manusia Tremosna-Plzeň-Praha kan... Jujur aja gua udah ga ngitung lagi berapa kali gua ke Praha, dalam sebulanpun juga entah udah berapa kali. Sometimes I wonder berapa weekend gua abisin di Praha dibanding di Plzeň or di Tremosna...

And seperti biasa Pula, ya gua sengaja dateng ke Praha sekitar 1 jam lebih awal dari yang diminta, demi bisa main piano di Hlavni Nadrazi, ato seenggaknya di Namesti Míru ato Kota tua (Staroměstská)...
Jangan salah, feeling main di depan publik itu Bikin nagih guys (kayaknya gua udah pernah nulis ini tapi dimana ya?)

Kemarin Sabtu itu Sebelum gua Ada bapak tua main lagu2 macem2... Mulai dari Koledy (lagu natalan) jajal sampai La Marsellaise alias lagu kebangsaannya Prancis (most of u must know it, yang awalnya mirip lagu "Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau2...") applause demi applause mengalir, gua kerasa bakal kebanting.

Tapi rupanya enggak, first song done, and good, Dan juga tentunya karena si Hlídač (yang jagain Piano) itu orangnya baik banget - doi bahkan sempet jagain tas Dan koper gua pas abis 2 lagu pertama karena gua pengen nuker duit dulu (siap2 hari Rabu kita ke Jerman masbro! Dan yes, Rate smenarna alias Money Exchange Paling ok itu adanya di Politických Věznů, Praha-1, bukan di tempat lain!).

Abis nuker duit, gua balik dan nunggu sementara si Hlidac nyelesain main 2 lagu, Dari ngeliat permainannya, gua yakin pasti doi seringnya main orgán gereja; arpeggio-arpeggio yang disengaja, Dan lagu2 yang mostly bukan cuman lagu natalan tapi juga lagu gereja Bangsa Amazing Grace.

Sebelum lanjut gua tanya dulu...
"Jak dlouho už jsi hrál?" Dah berapa láma main piano?
Dan doi berceritalah...
"Poprve já jsem hrál dvě rok na flétnu... A pak na keyboard a pak na kosteli... Klavír jen několik krát."
Paling awal 2 taun main flute, abis itu keyboard, abis itu main di gereja, piano cuman kadang2.
So that explains.
Doi mau main 1 lagu lagi - ok, gua masih Ada waktu kok, jadi gua dengerin lagu ke-3 doi... Some Christian song again, tapi pake bahasa Inggris; doi nyanyi, ngajak gua nyanyi Pula, tapi Maap masbro! Ra iso... Lagu gereja yang gua tau Paling O, Holý Night, Šílent Night, Amazing Grace sama Ave Maria.
Abis lagu itu, gua lagi yang main, tapi obrolan kita lanjut...

Namanya Lukáš, dia asli dari Praha emang, doi pernasaran ama project ini jadinya ngebantulah jadi Hlídač. Well itu kenapa doi sangat friendly - beberapa Hlídač yang lain yang pernah gua temuin kadang2 agak kurang friendly kalau gua main melebihi batas normal 3 lagu, Even though, Even though, orang2 pada tepok tangan. Well kalo orang passion Buat šatů kerjaan kan pastinya beda, ya gak?

Gua cerita lah gua dari Indonesia, disini cuman 1 taun, yah basic2 lah, semua pembicaraan campuran Ceko-Inggris, gua akuin Inggris doi emang bagus, more than the average Praha person yang gua temuin, tapi gua tetep sengaja nyoba maintain selama mungkin ngomong pake bahasa Ceko.

Doi request beberapa lagu tradisional Indonesia karena doi kepo, monggo lah tak jajal, lagu2 dengan nada antik begini memikat crowd juga, as usual, Dan gua denger beberapa orang ngoceh "takový vietnaman..." "Asijský..." Hm, greget juga, gua gak masalah dikira orang Vietnam - yo wajar, orang Asia yang orang Ceko tau ya orang Vietnam, tapi lagu macem "Řek Ayo Řek" atau "Jali Jali" dibilang lagu Vietnam? Ogah!

Abis lagu2 tradisional mainlah bangsa2 Yiruma... Ya ya, some take photos some take videos some iseng mungkin mengutarakan jenuhnya karena gaya main gua agak beda - datengin ujung piano and neken tuts oktav kenceng2 (lebih tepatnya sih nggebrak - ngerusakin piano tau gak sih?) tapi Ada bayangan di sebelah kanan piano, Ada orang berdiri deket banget, gua harus nengok - mungkin doi pengen main tapi gak mau ganggu gua main...

And there she is. This Vietnamese, With a very, very curious face, penuh ke-kepo-an.
Dan yang memecah beberapa detik diam itu adalah doi.
"You speak English?" Suaranya rendah Dan pelan.
"Jasné... Of course. You want to play?"
"No no, its ok... Youre not Vietnamese, right?"
"No, Im from Indonesia."

Pembicaraan pun mengalir, doi rupanya juga anak Gymnázium (SMA) tapi doi Gymnázium yang cuman 4 taun n dia baru taun pertama... Which makes it, kalo di Indonesia, kelas 1 SMA (remember, di Ceko kayak di Jerman, umur 19 baru lulus SMA!), doi tinggalnya di Praha-4, kesini lagi jalan aja ceritanya, begitu gua tanya apa Praha-4 nya doi kenal orang Indonesia, rupanya gak... Padahal gua mikirnya siapa tau doi kenal Asti, mereka cuman běda setaun ini.

Sampai tiba akhirnya ketika doi request gua main Someone Like You.
Okeh, that should be fine.
Sampai tiba2 pas gua selesai intro Dan nyentuh Nada pertama - doi nyanyi. Awalnya gua lanjutin aja main as if gua main solo, tapi gak butuh láma sampai gua liat, ni anak, suaranya, kece parah.
So I changed my orientation jadi ngiringin, bukan main solo.

She nailed that one song perfectly. Although anomáli sih, di Bagian reff, doi gak ngambil suara tinggi kayak Adele, as if dia udah sadar karakter suaranya, doi malah ngambil suara rendah, bass, tapi bassnya pun dalem Dan perfect...
Never ever before gua denger orang bisa nyanyi Reffnya Someone Like You pake suara bass tapi tetep keren.

Dan the moment kita selesai šatů lagu itu lah, ketika gua ngeluarin ekspresi puas Dan doi juga ekspresi seneng, Jantung gua berdetak kenceng. Karena even dalem hati gua sadar...
She fits my play, and I fit her voice too.
Doi cuman anak biasa, gua juga
Mungkin gua gak bakal pernah ketemu doi lagi.

NO! IT MUSNT BE! Mosok cuman ketemu anak dengan suara sebagus ini cuman sekali, gak!
So refleks impuls gua pun bikin Lidah gua berulah.
"You have Facebook?"
"Facebook? Yes I have, why?"
"Write it down here, prosim." Gua sodorin iPad bercase merah gua ke doi. doi somehow ga convinced.
"No... Why? You want to Add me?"
"Of course if not then why should I ask you..."
"Yes, but why..." Doi geleng kepala ke kanan-kiri, mata gak mau natep gua langsung, mlintir rambut, no way, mosok Jawir bisa bikin orang blushing.
"So we can play again together sometimes, you know, já jdu do Prahy časti." Gua sering ke Praha
"Fakt? Ale jsi rikal ze bydlíš v Plzně" serius? tapi katanya lo tinggalnya di Plzeň
"No, protože...sem lidi, časti mi pozvali... na akce, vidíš, tady," ya, karena gua sering diundang kesini, liat, nih, gua nunjuk ke koper gua.
"Dneska, budu tancovat." Hari ini gua bakal nari.
"Jo... Aha."
"Tak facebook prosim."
"Mmm... Ale proč?" Doi masih kayak gak yakin gitu, setengah malu sih, sampe2 si Lukáš nyindir
"Urcite Na kávu, na procházku, na pivo..." Buat ngopi, Buat jalan, Buat nge-bir bareng...
"Hele prosim té, ta holka je malá." Please deh, Ini anak kecil, gua bilang.
"Nejsem malá!" Gua bukan anak kecil! Doi langsung nyamber, gua ama Lukáš cuman bisa ketawa.
"Tak hrej!" Kalo gitu, main gih! Gua geser duduk Dan doi pun duduk, main juga.

Gua duga sih, doi mainnya keyboard - touchnya doi soft banget, Dan kaku, yes, I mean, doi main bener2 100% Buat ngiringin dia nyanyi, Dan gak Ada tanda Buat improv, stick to the chords she know, lagu2 Adele mostly, but still, however basic she does it - suara doi, cover any flaws; dengan mata terpejam doi nyanyi sambil main pelan2 hati2...
Gua nengok ke Lukáš Dan kita gak ngomong apa2, tapi we speak through our eyes. "Bro, we found a treasure. Gak salah."

Such things happens dengan piano macem begini - ya, thats the beauty of its randomness; lo gak tau siapa yang bakal nonton lo, yang bakal foto lo, yang bakal gebrak oktav atas atau oktav bawah sambil bilang "jangan main gitu kenapa!", Dan juga, lo gak tau...
... Siapa yang bakal Jebe lo, sambil nyanyi

It reminds me of life you know - semua orang dateng, main beberapa saat, pergi, gak tau apa2 soal penonton, main aja apa yang mereka rasa enak, live liat semua orang ngasih applause atau malah disapproval, beberapa Ada yang pergi karena emang tau udah saatnya mesti pergi, beberapa karena rupanya Ada orang lain yang mau main, beberapa harus "dipaksa" pergi... 

Well paradox adalah ketika kemudian setelah doi main beberapa lagu itu, gua tau gua udah saatnya ngejar tram ke Hradčanská buat ketemu yang lainnya yang bakal nari, dan dengan berat hati mesti ninggalin nih anak tanpa mungkin ktemu doi lagi... eh saat gua pamit itulah doi malah ngomong.
"Wait, wait, let me give my Facebook."

Girls -.- ... Ah sudahlah!
Yang penting kapan2 bisa main lagi sama doi.
A pleasure bisa nyanyi sama orang bersuara kece macem doi. An honor malahan kalo gua bilang.

"But I dont have photos..dont see the other names" Doi nambahin, ya, sama2 orang2 Cina, Jepang, Korea, Vietnam, kalo di Socmed bisa bingungin karena banyak nama yang sama.
"To nevadi... A možna na novy rok ja jdu sem taky." Rapopo... Mungkin nanti gua kesini lagi pas New Year.
"Tak dobre..můžeme zahrát" Bagus dong... Kita bisa main lagi
"Jo jasné.. Musíme hrát samy jednou, ale Tedka musím jet tramvaji. Tak čau!" Of course... Kita mesti main bareng lagi, tapi sekarang gua mesti ngejar Tram, dadah!
"Čau.." Suara doi agak lemes. But anyway, gua mesti beneran ngejar Tram. I dont care anyway juga toh kapan2 ketemu doi lagi...

Well emang sih guys.
Gak cuman sekali itu doang gua ketemu orang2 yang mungkin gua cuman ketemu sekali and mesti gerak cepat biar dapet kontaknya, tapi orang2 yang lain itu...
Mereka gua ketemunya abis gua nari, kontak Buat nyari kesempatan nari or presentasi soal Indonesia.
Mereka gua ketemunya di party, kontak2 buat jadi temen nongkrong Pub aja.
Mereka gua ketemunya di acara2 gua presentasi...
You can already expect such people dan koneksi yang bisa dibangun.

But this one is different.
This one was a chance of destiny, takdir - randomness in its purest form yang orang gak bisa nyangka sama sekali...

And there goes another magic that those street pianos hold in store fór me, and fór others who play it too.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar