Minggu, 08 Desember 2013

Maturák - Soal Party

Guys, jujur aja sebenernya Bahan tulisan gua lagi agak sedikit kering.
Yang lebih tepatnya sih beku, kayak Rybník alias Danau Kecil disini sekarang. Jadi bahannya Ada disitu, tapi susah diambil; kalo lo pecahin esnya gak bener siapa tau lo malah kecemplung, and not only that - Bahan tulisannya harus dimasak sampe anget dulu baru bisa dicerna.

Makanya dua tulisan kemarin rasanya kok agak sedikit refleksi, a bit filosofis, dibanding cerita gokil-gokilan anak seumuran gua.

Kurang Ada bumbu-bumbu Buat cerita macem dibawah ini, yang mayoritas kejadian bulan lalu Dan udah agak susah dipancing ke permukaan otak Buat ditulis -
All those moments when lo bangun dengan pertanyaan pertama "kenapa gua disini?"
Those freaking times ketika lo melewati Jalanan Plzeň, sambil mapah temen yang knocked-out abis tabrakan sama tong sampah tapi tetep aja ketawa...
Saat-saat yang dibeberapa waktu gila banget kalo diinget-inget, tapi dilain waktu bikin lo mikir "goblok, ngapain coba gua ampe separah itu."

Untungnya Ada šatů hal yang lagi nge-hits jadi Bahan bicaraan di kelas gua;

Maturák.
Atau nama formalnya - Maturitní Pleš.

Mahluk yang šatů ini kalau di Jakarta kita sebut pake sebutan "Prom" atau "Farewell" biasanya.
Ets tapi jangan salah! Maturak Ceko sangat běda dengan Prom yang biasa dibayangin anak Jakarta. Its a whole different story sama sekali.

Tentunya pertanyaan pertama yang bakal jatoh dipikiran lo semua, adalah Kenapa kelas gua yang baru kelas 5 Sestileta atau kalau di Indonesia sama kayak kelas 11, kok udah berani amat mikirin soal perpisahan yang bakal kejadian šatů tahun lagi? Emang udah pasti bakal naik kelas semua apa?

To understand this a little bit complicated thing, lo Perlu tau 2 fakta kecil yang bakal bikin ceritanya běda sama sekali.

Disini, ketika lo udah masuk ke dalam šatů kelas, lo gak bakal bisa minta tuker kelas - selama 4/6/8 tahun lo di Gymnázium, wajah-wajah yang lo temuin di hari pertama bakal (Insya Allah) terus bareng lo šatů kelas sampe lulus nanti.

Selain itu, apa yang kita bilang "angkatan" di Indonesia, disini ga Ada sama sekali, Acara dimana Angkatan ngumpul bareng, segala macem, ga Ada...
Peran angkatan itu digantiin sama kelas, yang jauh lebih kecil Dan lebih bisa diatur.

Which means, ya contohnya Tiap kelas bakal punya jalan2 sendiri (kalau di Indonesia ini masih wajar), diajarin guru yang beda2, tapi this is the big deal Buat tema yang bakal gua bahas sore ini - 

Tiap kelas bakal gelar Maturak alias Prom mereka sendiri.
Dengan tema yang běda, tempat yang běda, segala aya yang běda.

Dan itu baru permulaannya.
Keliatannya sih buang duit banget ya kalo dari perspektif gua, karena pasti 1 anak gak cuman dateng ke 1 prom tapi ke banyak prom - karena se-nggak-hadirnya konsep "angkatan" di sekolahan Ceko, wajar lah tetep kalo punya temen di kelas lain sehingga bakal nimbrung ikutan prom kelas yang lain itu.
Itu bisa kejadian karena Disini sangat Damai, bullying hampir ga Ada, saling Geng-Geng-an pun jarang, dan karena ga ada konsep angkatan kakak kelas Dan adik kelas ya woles2 aja.

Peaceful fór me, tapi gua bilang kurang greget, haha.

Anyway emang bener bahwa Maturak sering kali jadi ajang "membakar duit" sampe2 Wali Kelas gua si bu Ježková sampai sempet komen di pelajaran bahasa Inggris
"Somehow we are obsessed With Maturak - kids spent ridiculous amount of money in a series of those events, I think."

Tapi gimana cuman sekelompok manusia berumur 17-18 taun yang jumlah kawanannya Paling banyak cuman ber-30 bisa handle Acara Gede macam ini, pastinya jadi tulisan yang únik Buat diceritain, tapi gila Buat dijalanin.
Karena bahkan dari sekarang kelas gua pun udah mulai kerja Buat nyiapin Acara besar itu.

Awalnya ya gua pengen nulis soal progress mereka sampe sekarang, tapi gak lengkap rasanya kalo cuman cerita soal proses behind the scene kalau ga Ada yang ngupas soal main eventnya.
Sayangnya nanti gua udah bakal berada lagi di Indonesia ketika Maturak mereka bakal jalan.

Ya gua ngarep sih, siapa tau gua bisa kerja atau nyari duit dari apa gitu somehow, terus beli tiket pesawat demi Maturak alias prom mereka - 5C emang bener2 tempat gua berada Dan bakal selalu pengen berada. Dan mereka pun juga udah mulai Ada yang nanya, "nemůžeš přijít na naši Maturáku?" Lo bisa gak bakal dateng Buat Maturak kita?
Tapi itu adanya di dunia yang gua ketemu cuman kalo malam, dengan mata yang terpejam

Untungnya ya untungnya, gua udah pernah ke salah šatů Maturak di sekolah gua.
And this is what we are going to talk About sore ini masbro!

Boleh dibilang hampir 90% temen2 seperjuangan gua di negara ini, yang udah pernah juga ke Maturak di sekolahnya masing-masing, ngeluarin komentar yang semuanya Bernada mirip - Gila gua seneng banget! Kece parah bro! It was so damn good... Kurang lebih gitu lah kalo gua simpulin.

Sayangnya my Maturak Experience, tidak lah semanis temen2 gua itu... Bahkan dari awal Sebelum berangkat.
Knapa? Karena gua ketinggalan kereta ke Plzeň - ya gua wajib ngaku, itu pertama kalinya gua ketinggalan kendaraan seumur2 17 tahun gua hidup gara2 "dandan" pakaian.... All those kemeja, jas, belt, celana item...
Yeah I hate formal Western style dress code, why dont u all just wear Batik like in Indonesia or like Bagong in the Philippines, sih?

tapi gua terselamatkan karena rupanya Ada temen gua yang lagi shift kerja di Supermarket di Tremosna, di kota mungil-setengah-desa ini. Dan doi emang juga kebetulan pengen pergi ke Maturak kelas yang šatů ini, kelas 6C.

Ya monggo lah Alhamdulillah bisa nebeng.

Cobaan kedua, second ordeal, adalah di mobilnya sendiri.
Perkaranya bukan soal mobilnya kecil sempit atau doi nyetirnya ngaco - gak kok, Tomáš ini nyetirnya "cukup" bertanggungjawab lah Buat anak seumuran kita, ngebut kalo lagi kosong, kalo lagi susah or Ada speed sensor/kamera jadi pelan Dan tertib.... Dan doi asik lah, ngobrol gila2an ok, semuanya asik.
Tapi disitu ada soal salah šatů hal yang Paling susah gua tolerir dalam hidup gua, secara mental maupun fisik.

Asep rokok.
He is a heavy smoker.
Dan gua agak gak srek ketika asep nya terbang ke arah gua Dan sisa2 zat2 racun yang dibakar itu jatoh ke jas gua. Doi bilang sorry sih, Káča dibuka Dan ga pake Klima alias AC sih, tapi you know...
Kalo udah punya pikiran gak enak soal šatů hal, agak susah Buat bikin nyaman sekeliling.

Yah untungnya dengan kecepatan doi ini, kita nyampe di Měšťanská Beseda 
Ini bukan sembarang tempat masbro. Ini salah šatů Hall seni di kota Plzeň yang emang punya kota
Dan gak semua kelas punya kesempatan bisa nyewa tempat ini karena selalu full-booked Buat event Dan mahal.

Third ordeal; yang bikin gua bener2 pissed off selama malam Sabtu cerah itu...
Ketika niat gua adalah ngaca ngecek baju gua di kaca toko, sembari jalan dari parkiran ke Venue event ini...
Tebak apa yang terjadi saudara.
Gua nyemplung ke šatů lobang,
Dan lobangnya berair, bukan cuman becek, tapi full air!
Ya sorenya emang, hujan ngeguyur Plzeň.
Gua harusnya lebih berhati2....

Refleks gua pertama adalah... "Geblek! Asoe! Si Goblok emang..."

Untungnya yang jeblos ke lobang itu cuman kaki kiri gua, Dan itu cuman sampe lutut, tapi bener2 basah, sepatu gua, kaos kaki, semua basah.
Tomáš pun gak bisa nahan ketawa, "Arkane Arkane..." Cuman bisa geleng2 doi.

"Ty vole proč neříkáš! Já fakt nevím vole!"  Knapa lo gak ngomong! Gua bener2 gak tau.
 Gua marah2 sambil lepas sepatu Dan kaos kaki gua, mencoba memeras kaos kaki at least, sambil masih mengeluarkan ribuan isi kebun binatang dalam bahasa Inggris, Ceko, Indonesia Dan Jawa dari mulut gua...

"Já taky nevím, chceš jít na auta?" Sekarang doi nawarin gua balík ke mobil, tapi dengan cuman kurang dari 50 meter ke pintu masuk Měšťanská beseda, dengan gua yang masih sangat pernasaran emang Maturak tuh se heboh apa sih, gua nolak.

"Ne, tady nevadi." Gak papa disini aja.

Gua berdiri pake kaki kanan tok, kaki kiri gua angkat, nyoba bersihin celana item itu pake Kapesník (Tissue), anehnya kalo di Jakarta kalo nyemplung ke lobang kubangan air pastinya bau Dan sangat kotor, anehnya disini enggak...
Cuman banyak daun aja, gak Ada sampah plastik nyangkut.

Gua pikir2, separah itu kah Jakarta....

Sekitaran 10 menit lalu dua orang geblek ini lanjutin jalan menuju ke tempat itu.

Tepat Sebelum masuk ke bagian gedung yang disewa Buat Maturak itu, dilemma muncul.

"Tak..." Tomáš ngeluarin tiketnya dari dompet
"Máš lístku?" Lo Ada tiket? Doi nanya
"Ne..." Gak...
"Fakt ne? Tak jak?" Seriusan? Terus gimana?
"Nevím, Gabriela říkala ze napsala mí na tohle seznam...." Gua gak tau, Gabriela bilang dia tulis nama gua di daftar...
"Co ze? Nerozumím" apa? Gua gak ngerti
Oke, bahasa Ceko gua ngawur, switch ke Inggris
"Gabriela, Vrankova, she said She wrote me in this list so I can come inside."
"Ok, what list?"
"I dont know! Maybe... Well..."
"I will come inside and ask Vrankova." Alhamdulillah
"Tak dík moc! I will wait" makasih banget.

Bagi yang bingung kok mesti Ada tiket segala, oke, saatnya penjelasan...
Itulah kenyataan Prom disini.
Karena tiap kelas bikin Prom tapi banyak yang pengen liat, well, yang pengen liat harus beli tiket.
Why? Karena jelas lah, Buat nyewa tempat pastinya mahal banget...
Sangat běda dengan di Jakarta tentunya, dimana karena prom Acara angkatan ya bisa pada dibebanin iuran Dan sering kali karena masih kurang ya minta ke bonyok masing2 Buat nambal semua biaya, biasanya.

Dengan tiket, semua orang yang emang pernasaran sama promnya bisa masuk, ga Ada batasan siapa lo bahkan kalo lo dari sekolah yang běda! And at the same time bikin balík modal Buat kelas yang nyiapin Promnya. Win-win solution masbro.

Tapi rupanya, selain tiket Ada daftar khusus, daftar "tamu".
Daftar inilah orang-orang yang gak Perlu bayar Buat ikut masuk liat Prom... Dan daftar namanya, semuanya bener2 suka2 Anggota kelas...
Dan ternyata inilah "daftar" yang Gabriela maksud pas doi chat FB sama gua seminggu sebelum Maturak ini. Kalo dipikir baik banget ya doi, manusia asing baru nyampe di Ceko macam Jawir begini langsung dimasukin daftar tamu gratis gitu.

So it was just misunderstanding, nothing strange.
Kami pun naik ke atas, Dan disinilah gua bener-bener terpana.
Saat-saat awal pesta besar ini sempet bikin gua ngerasa semua mimpi buruk yang terjadi sore itu sebelum gua masuk, kebayar...

Di Hall Utama, gua bisa liat semua Anggota kelas 6C, apa yang mereka lakuin?
Ternyata mereka lagi ngasih performance mereka.

Ya, itulah opening act setiap maturak yang selalu jadi ajang unjuk Bakat kelas - performance yang sering kali kayak short musical theater sih. Dan kali ini tema performance mereka, semacam old American Broadway gitu.
Kostumnya yang cewek2 pake kostum polkadot, rambut mirip kayak disanggul, cowo2 pake kemeja putih bawahan item.
Lagu2 tua Broadway Dan lagu2 hiphop baru berbau Broadway kayak Bang Bangnya Will.I.Am jadi pengantar cerita.
Bagian bawah Hall tepat di depan anak2 yang lagi perform ini di reserve Buat para guru Dan keluarga... Kebanyakan dari kita nonton dari atas, Dan ya, karena gua kalah tinggi dari manusia2 Eropa ini, susah juga bikin video, gua bisanya nonton dari sela2 aja.

Tapi sensasi nonton dari ataspun beda.
Jangan salah, waktu gua bilang Měšťanská beseda ini tempat yang emang elit, ini emang beneran elit Buat gua - tau kan, bangunan2 opera house tua Eropa yang di langit2nya penuh lukisan, lampu2 kristal... Tangga2 kayu. Well thats really describing Měšťanská Beseda Plzeň.
Gua merasa kayak kembali ke masa lalu, imagine gua seorang bangsawan Eropa lagi nonton Royal Ball dibawah.
And not only it feels like so in my imagination, tapi orang2pun juga gitu; cara mereka megang balkon atas pake 2 tangan, ngobrol sambil šatů tangan megang gelas Wine, kalo lo udah pernah nonton film soal éra-éra tua itu... Ya, sama seperti itu! Persis!

Dan setelah performance Utama selesai, masing2 pada dipanggil per nama Dan dikasih sash/selempang bertuliskan...
"Maturant 2014"

 semua dibawah lemparan koin Dan bunga dari seluruh penjuru Hall - atas maupun bawah. Dan lemparan2 itu semuanya gak di rancang, semua orang langsung heboh Dan nunjukin support mereka ke yang lagi dipanggil namanya lewat lemparan2 koin Dan bunga itu.

Abis itu di bersiin sih main Hall nya, koinnya dimasukkin ke kantong itungan neraca Buat bayar balik sewa juga.

Setelah beberapa menit break nunggu koin Dan bunga itu diberesin, party starts :)

Band mulai ngambil alih panggung, lagu2 tua dimainin layaknya tema Prom kelas yang šatů ini, gua kagok karena gua ga ngerti lagunya - pake bahasa Ceko semua, tapi cukup dengan beberapa gelas Dan temen-temen yang heboh (ya, Ada juga temen2 gua yang ke Maturak ini), memasuki lagu ke 3 kita mulai bodoh amat, saatnya masuk ke bagian tengah hall, rock the stage and just dance til dropppp! 

Lebih lagi ketika lo jadi kenalan sama anak-anak yang lo belum kenal sebelumnya, and yeah, setiap cewek disini pake pakaian yang Paling "menarik"nya mereka...
Ya menarik ... menarik Perhatian cowok maksudnya, haha.

Belum ditambah yah, the usual party things - foto2 goblok, gerakan2 dance yang udah gak bisa dideskripsiin, lawakan2 tolol yang bikin ketawa... just like any other party be it in a house or in the pub.
Apa sih intinya party kalo emang gak seneng2, betul bro?

tapi setelah beberapa lagu Dan capek, rombongan kelas 5 ini mundur dari tengah Hall, lanjut ketawa ketiwi di belakang Buat beberapa saat Dan abis itu mencar lagi - such parties are social events emang, dan aneh kalo misalnya lo ngendok cuman sama šatů kawanan orang... Which is sayangnya agak bertentangan dengan gua pribadi yang kalo di big social gathering macem ini dengan begitu banyaknya orang, kalo udah nemu orang-orang yang "klop" Buat diajak jalan bareng selama event itu ya selama mungkin bareng sama mereka...

Saat inilah terlihat perbedaan besar antara gua ketika Private Party atau Party kecil2an, Dan Acara Gede macem ini - I looked too coward. Too coward to just grab that cocktail glass, break away from the group, and meet other people that you never seen before. Sementara untuk party kecil2 itu, ya dibilang heboh sih gak, tapi gua bisa ngobrol bareng semua orang dengan santai...
Gua pengen banget sih bisa ngehadirin experience party kecil2 di party Gede macem ini, tapi mengingat ketika itu bahasa Ceko gua masih parah menurut gua, gua juga gak berani lepas sendirian.

Saat itu jugalah Maturak Experience gua berubah 180 derajat.

Yang terjadi akhirnya gua adalah ngekor temen2 kelas gua ini... Beberapa kali ke luar Buat nemenin doi2 pada nyemok (which makes it just worse - tapi setidaknya gua seneng mereka ngargain aturan gak kayak di Jakarta serepedh aja orang nyemok), begitulah kerjaan gua sampai tengah malem dimana akhirnya gua harus pulang sama Tomáš lagi.
Setidaknya gua bisa ngobrol ama yang lain - Andi, Linh, JC, Terka...

Ah ya, soal Terka jadi inget - doi ikut Maturak bukan sebagai kita yang cuman nonton and have the fun; tapi sebagai panitia juga.
Panitia, ya; emang sih di Jakarta juga gak asing, narik adik kelas jadi panitia Buat di tempat2 yang males lo urusin kayak Buat Jaga buku tamu dkk dkk nya, tapi urusan kayak gitu disini udah diurus sama security setempat - inget, Měšťanská beseda ini tempat Hall seni Kota....
Terus jadi panitia apakah doi? Panitia Sazka alias Undian.

Ya ternyata Maturak bukan cuman soal "melepas" kelas senior ini Sebelum menghadapi beratnya Maturita alias semacam UN nya disini, tapi juga Buat bagi2 hadiah.

Sebenernya sistemnya sama kayak Lotre sih, ambil cek angkanya terus cek hadiahnya; bedanya disini semua orang pasti menang sesuatu... Ya cuman barang2 kecil sih bangsa dompet, bolpen, tempat make-up (itu lah, tempat bedak yang ada cermin kecilnya, gua gak tau namanya apa) yah kecil2an... Dan kuponnya kalo udah abis ya wassalam abis juga.
Judi kah? Gua pikir sih enggak, toh semua orang pasti menang. Judi kan intinya orang dapet untung dari ruginya orang lain, ya toh?
Tapi kok bisa seberani itu bikin "Lotre semua orang menang" kayak gitu? Well kan Ada sponsor... Tapi Buat apa Prom disponsorin? Maksud gua, what for orang private event gini illogis banget jadi tempat jualan...

Still kesempatan Buat ngiklan mengalahkan semuanya - ya disini bahkan Prom pun, bisa jadi tempat ngiklan, emang ga banyak sih - cuman kalo lagi Ada sambutan or break maka si MC bakal ngiklan, Dan spanduk2 mereka juga cuman dipasang di 1-2 tempat...

Kalau ini dibawa ke Jakarta, That thing is unapplicable, bisa2 ujung2nya bukan Prom tapi Corpoate Promotion itu ujung2nya haha. Marketingnya orang Indonesia emang luar biasa ganas, mau yang sekedar punya lapak di FJB Kaskus sampe perusahaan2 Gede yang itu tuh, yang katanya juga ikutan prosedur nyadap SBY dkk.

Selain Terka di panitia undian, beberapa orang yang lain ditarik Buat MC, performer dkk nya... Although yang dari kelas gua cuman doi sih.

Selain Undian itu yang menarik sebenernya juga adalah soal makanan.
Kalau di sebuah hajatan Indonesia, makanan kayaknya adalah kewajiban, bahkan sebenernya boleh diitung sendiri, entah itu kawinan, prom, Ulang taun perusahaan sampe sekedar arisan, kalau diitung2 mungkin biaya Paling Gede selain untuk sewa tempat (kalaupun tempatnya nyewa) pasti adalah konsumsi.

Disini berbeda; jajaran makanan catering yang berderet rapi di atas beberapa meja yang saking panjangnya bikin antrian nguler? Nothing!
Yang Ada disini, bar/restoran si Měšťanská Beseda sendiri yang bakal jual makanan.
No, Im not kidding, literally jual. Jadi gak Ada manusia yang ngarep dapet makanan gratis - pada bayar semua, although honestly untuk makanannya somehow kok gua mikirnya murah; karena steak Dan kentang itu cuman 90 Korun alias 55 ribu Rupiah kurang lebih, sementara untuk duit yang sama gua harus keluarin demi bisa makan Pho Ga (Míe Vietnam) di Fastfood di Jalan Americka, duh!

But the drinks, harganya tetep harga elit... Pilsner Urquell Tap 35 Korun, cuman kurang 4 korun dari harga pasar alias Zabka atau minimarket, Dan campuran2 yang lainnya mahal tak terkira, bukan level Pub ini...

Pantes juga daftar orang yang diundang gak pake masalah ya sesuka2 anak kelasnya, kalo kayak di Jkarta gitu udah termasuk makanan catering, berabe juga mereka bisa.

Dan melihat kenyataan itu gua makan diluar karena semuanya babi didalem, ya, untuk harga yang sama 90 Korun gua beli Baguette Ham Ayam, Fish Salad Dan minum - Dalem hati gua sebenernya mau mencari yang berlemak banyak biar bisa kasih lapisan Buat isi perut berikutnya Buat sepanjang malem, tapi apa daya duit berkata lain, setidaknya Ham Ayam didalem Baguette itu lumayan berlemak.

Tapi tetap hal2 kecil ini, bahkan Ditambah foto sama kakak2 kelas yang mangstab gan itu gak bisa juga melepas penat bosan gua karena gak banyak kenal orang disitu. Pas Tomáš bilang doi mesti Cabut pulang gara2 besoknya bakal kerja shift pagi, gua gak yakin antara itu jadi anugerah apa males - karena setelah tengah malem kata semua orang generally baru saat itulah the real party dimulai karena para bonyok bakal mulai cabut; ya gua bisa liat nyatanya emang di saat2 ketika gua Cabut itu para bokap nyokap juga mulai kabur meninggalkan anaknya bersenang2 sepanjang malam. Tapi di šatů titik lainnya apa guna party kalo orang yang bisa lo ajak asik cuman dikit?
Well well akhirnya gua pikir lebih baik pulang, daripada ujung2nya makin gak jelas disini....

Kecewa? Iya bro.
Apa lagi gara2 Promnya yang anak2 Praha ikut gua ga bakal bisa dateng.
Apa lagi gara2 Prom kelas gua sendiri, kecuali dengan rezeki Tuhan gua bisa dapet kerjaan yang bener2 high level sesampainya gua di Jakarta, atau menang undian apa gitu terus barangnya gua jual....
Gua gak mungkin segampang itu beli tiket pesawat November taun depan Buat ikut Prom kelas gua.
Although mereka udah nanya apa gua mau ke sini lagi nanti demi Prom.
Although gua juga pengennya setengah mati...

Ah sheez. Dammit....
Akhirnya Gua minta Tomáš gua diturunin di stasiun kereta Tremosna aja daripada di rumah.
Gotta have About 800 metres walking, untuk menghabiskan kaleng minum gua sambil meresapi kekecewaan gua malam itu Sebelum masuk rumah mandi Dan menjebloskan diri ke kasur yang anget, lupain semuanya di alam mimpi.

Setidaknya guys, rencana akhir gua malam itu, yang šatů itu, berhasil tepat sasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar