Senin, 09 Desember 2013

Sněžílo!


Salju? Salju!
Ya, apa jadinya winter di Eropa kalo ga pake salju masbro!

Oke, posting ini bukan berarti ini adalah first snow gua selama disini, sebenernya udah beberapa kali gua ngeliat salju disini, tapi baru Sabtu kemarin kejadianlah yang orang sini bilang "Chumelenice" (baca: Khu-Me-Lé-Nitse) alias seharian penuh turun salju plus angin, diatas kita langit abu2 penuh.

Disini antik juga, saljunya turunnya dikit2.... Pertama2 pagi2 siang ilang besoknya masih sama, besoknya lagi tambah malem juga ikut... Sampe ujungnya Sabtu kemarin, ya itu, Chumelenice.

Selama November gua nungguin Salju Dan gua kok awalnya agak hopeless, perkaranya bro, kalo ngeliat foto2 temen2 gua yang di Amerika kok kayaknya First Snow itu pagi2 ketika lo bangun tiba2 semua keliling rumah lo udah putih, atau malem2 Sebelum tidur kayak diguyur semua keliling rumah pake mahluk putih mungil ini.
Dan dari kemarin gak Ada sama sekali pertanda kayak gitu....
Bahkan ketika Ada tulisan di Počasí (laporan cuaca) kalau bakal Ada perkiraan "Sněžit" alias turun salju, Tiap kali bangun pagi tetep belum Ada juga.

Gua selalu inget pas beberapa Minggu yang lalu kita ber-4 (Jawir, JC, Linh n Pepa) lg nunggu di Bagian pintu depan sekolah dimana kita bisa neduh dari ujan, pulang sekolah itu.
Pas banget kita ngomongin Winter.

"A bunda! uz mas bundu na zime?" Lo udah punya jaket Buat winter?
"Ne... A fakt nevím jak." Enggak... Gua juga gak tau mau gimana
"You must come shopping With us!"
"No jo.... Někdy" kapan2 lah...
"Víš co? Na zime, míčky?" Lo tau? Kalo lagi winter.... Bola?

Bola apa ini gua gak ngerti - main bola dingin2 pas winter? Definitely bukan ide bagus, tapi kalo misalnya iya pun gua jajal2 aja...
Tapi bukan main bola yang dimaksud Pepa.

"Míčky, z Snihy." Dari salju...
"Snowballs?"
"Yes!"
"A je to, jako tadyhle..." Dan itu, kayak begini nih...
Tangan Pepa yang tadinya lagi kayak nampung tampyasan air ujan langsung disambet ke arah JC sama Linh, basah dikit, muka mereka ber2 pada merah, Dan lempar2an air ujan dimulai.
Ya didalem we are still kids masbro, jangan salahkan perawakan yang kayaknya udah kuliah!

Setelah beberapa waktu ujan selesai Dan kita bubar, šatů hal terakhir soal Snowballs yang gua inget dari Pepa
"Make sure, hit the ears." Sambil nunjuk2 ke telinga gua.
Pastinya gua bakal inget itu.

Sejak saat itu gua selalu menunggu salju turun dengan antusias.
Sampe akhirnya šatů Selasa pagi...
Keluar dari Hlavni Nadrazi jalan ke arah sekolah, gua ngeliat debu2 putih turun pelan2.
Gua gak yakin apa mereka debu atau salju - kayaknya sih terlalu Gede dibilang debu, tapi juga salju? Well gua nyoba nampung beberapa di tangan gua, tapi mereka ilang seketika.
Dalem hati gua pengen percaya, "Wir Salju Wir! Salju iki!" Tapi gua belum yakin...
Daripada wrong expectation, mending tunggu sampe beneran Salju, toh udah beberapa kali katanya bakal kemungkinan Salju gak turun2 juga.

Namun kemudian yang tak terduga pun terjadi...
Beberapa menit sampe di Kelas, yang jadi Malaikat Jibril pembawa Wahyu turunnya Salju ke kuping gua waktu itu adalah cowok Paling berisik di kelas - Michal. Dengan suara cempreng khasnya doi manggil gua.
"Arkane! Znáš snih?" tau salju?
"no jo, snih, snow, proc?" kenapa?
"Už jsi videl sníh?" Udah liat salju?
"Ne... Nikdy." No, never... Gua masih jawab dengan nyawa pagi hari gua yang masih 1/2 lemes
"Tak je to tam!" Sambil nunjuk ke jendela.

Suara kencengnya itu juga bikin semua orang nengok Dan somehow untuk 2-3 detik seisi kelas yang duduk Paling deket jendela jadi kegirangan manggil gua
"No Arkane, Snezi!" Its snowing!

"CO ZE?" What? Somehow Ada orang gak keliatan yang nyuntikin gua adrenalin instan, gua bangun nengok ke jendela sambil kegirangan. Langsung gua ngerangsek ke jendela, buka jendela tua nan Gede itu...
"NYET SERIUS LO! BOONG ABIS BOONG! GILA BRO SALJU CUK!" Gua sodorin tangan keluar, salju2 turun ke situ...
 Instan kata2 itu keluar dari mulut gua, Dan gua gak berhenti ngomong ucapan2 gak percaya-setengah-latah gitu...
Pas berhenti gua ngomong, kelas gua tetep dipenuhi suara, kali ini bukan suara gua yang kenceng2 teriak dengan bahasa yang mereka semua gak ngerti.... Tapi suara seisi kelas lainnya.

Mereka ketawa.
Gua cuman bisa malu dikit, betapa kampungnya Jawir yang šatů ini ya. Tapi bodoh amat, gua tetep menampung salju di tangan gua, sampe kemudian...
"Je zima viď? they are cold you know." Martin Colek punggung gua sambil ngasih tau gua.
"No jasné ale... I dont care...." Bodoh amat....
Rupanya itu jawaban bodoh, karena abis itu doi nyolek punggung gua lagi.
"I mean, it makes us cold here."

Ah ndableg, ke-Norak-an anak kampung yang šatů ini kok bikin apatis sama manusia2 didalem...
Forgive kekampungan gua, guys...

Di hari itu juga untungnya Ada Tělák alias OR atau Olahraga, which means harus jalan ke Tempat Futsal, which means, I see and I feel my first snow cuk!
Yang makin bikin mangstab pertamax nya itu... Gua ngerasain salju itu dengan cuaca yang Paling oke.

Beneran oke bukan sarkastik bro -
Sinar matahari cerah, ga Ada awan, and whats more - ga Ada Angin!
Yes, angin, musuh besar gua itu, ga Ada sama sekali. Dan emang disinilah kerasa bedanya -5 derajat yang gak berangin Dan cerah dibanding 5 derajat yang anginnya bisa bikin slayer oranye kesayangan gua, kalo gak diiket bener jadi cover Leher and mulut (itu bukan syal, jadi ane gak mau bilang itu syal) bakal terbang *it nearly happened bro.

Dinginnya emang nusuk ke tangan sih, tapi badan enggak... Kan gua sekarang pake 4 lapis baju (in which the first 2, adalah baju Dalem Termal) + Jaket. Pasti mikir gimana gua pake baju sebanyak itu, keliatan gendut? No way, jaket gua kan juga bukan jaket model gendut tapi tetep Ada lapisan anget Dan windbreaker :) i love minimalis bre.

And hell yeah, gua harus bilang, harus banget.
Ngeslide diatas Bagian trotoar yang saljunya ilang tapi masih bersisa lapisan es itu seru.
Dan nendang salju ke celana orang.

Yeah say it, mbok gua ini kampung, anak cilik-an, norak, but...
thats how it works when you see first snow up to these ages.
Monggo ditanya siapapun itu temen2 ane.
Yen Padha bae! *Ngapak style*

Sayangnya pulang sekolah si salju menipis, sampe akhirnya sampe rumahpun menghilang.
Siklus itu berjalan Tiap harinya, Dan Tiap harinya Pula kenorakan gua berkurang, lagian saljunya masih sangat kurang buat dibikin snowballs, ataupun orang2an salju, ataupun Buat bikin Snow Angel!

Tapi selama hari2 itu juga gua melihat banyak realita gimana salju juga bikin rebek semua orang selain anak2 yang mainan - Tiap pagi Ada truk Gede yang nebar garem di Jalanan biar gak beku (beku = lícin = Ban bisa selip!), sepatu biasa yang gua pake (si Diadora biru murah bermodel Vans itu) bisa jadi lícin banget Buat jalan jadi gua bakal ekstra hati2 jalan, and hell yeah, kalo pas angin, karena lebih parah, harus selalu pake slayer Buat cover muka bawah dan Leher - kalo gak bisa meler abis idung! And besides that, ternyata kalo saljunya udah ilang, tapi ilangnya Di tanah, tanahnya jadi semacam lumpur which is... Fuj! Ngeselin!

Kalo saran temen gua yang udah di Paris dari 2 taun yang lalu (bener kan 2 taun Sen?)...
"Makanya injek yang saljunya tebel."

Tapi di šatů sisi gua pernasaran juga kalo misalnya gini terus, kapan saljunya jadi banyak...

Hingga Sabtu kemarin terjawablah pertanyaan itu.
Terjadilah itu Chumelenice.
Well sebenernya, itu udah di ramalan cuaca udah Ada, kenalan sesama pertukaran Indonesia (tapi doi kuliah) di Brno sampe post di Facebooknya hari Rabu...

"Mulai besok sampai Sabtu diperkirakan badai salju..."

Tapi lagi, Bohemia Barat sering kali jadi anomáli sendiri dibandingkan Bagian Ceko yang lainnya kalo soal cuaca - lebih stabil; Moravia emang terkenal lebih banyak Matahari, lebih anget, lebih ujan, tapi kalo lagi ekstrim bisa ekstrim banget, Praha apapun bisa terjadi, kaki gunung utara Bangsa Liberec Špindlerův Mlýn Dan kawan2nya, ya, dingin selalu... Tapi di Zapadocechy ini, orang bilang, cuacanya stabil, kalo turun Dan naik sesuai musimnya pun gak ekstrim2 amat...

Bahkan sekenceng2nya angin bertiup, sampe Patek atau hari Jumat, gua masih inget sempet Ada waktu yang anginnya lebih kenceng dari ini, di awal musím gugur... (Although ini jelas kerasa lebih dingin)... Salju juga cuman turun kayak biasa, malem-pagi turun, sore ilang lenyap...

Hari Sabtu terbukti lah ramalan cuaca itu masbro


Yup, itu bintik2 kecil putih itu salju lagi turun kenceng2nya.

Gua keluar pake Vesta (rompi bulu tebel) jadi ga terlalu dingin, tapi kaki gua, walaupun udah pake sepatu gunung tetep dingin (yes, jarang2 kaki gua ngerasa dingin karena selalu pake kaoskaki)... Untung itu cuman di beberapa menit pertama.
I let myself be blown by the wind, gua sengajain ngarahin badan tepat ke asal angin, salju demi salju membuat pemandangan kontras di muka gua (lebih tepatnya, mengembalikan warna Kulit gua ke dulu pas gua masih bayi hahaha)

It feels sumthin different :)))

Jadi ini rupanya yang bener2 namanya turun salju parah.
Serem tapi seru. Apalagi bintik salju yang turun cukup Gede sampe gua dengan mata aja bisa liat bentuk kristal mereka yang čakep...
Gak lama2 merasakan salju itu, ada panggilan - The next thing, gua diminta bantuin ngeruk tanah, Babat aja bro! Kerja di bawah turun salju, keren bray.

Apa sih yang gak keren kalo Buat pertama kalinya, bahkan 1 jam ngeruk tanah pun jadi interesting cuman biar ngerasain, gimana sih kalo orang2 ini kerja dibawah derasnya salju yang turun...

Walhasil, cukup dilihat dari rambut, gua perlahan2 jadi Jawir si manusia Salju, dengan tangan yang rasanya setengah beku.



But no worries, its big fun...

Sayangnya sekarang kembali lagi seperti sebelumnya, cuacanya, ya itu, malem turun bahkan Kadang gak turun salju...
Ah salju, bikin ngangenin amat sih lo.
Gua ga Sabar liburan terus nyoba nge-Ski, or nekat mandi di kali yang mangstab dingin itu...

Dear snow and darling Winter, I dont know I should love you or not -
Tapi sekeras apapun lo kelihatannya, kayaknya gua bakal cinta ama lo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar